Kamis 02 Nov 2023 17:15 WIB

2 Idol K-Pop Ini Ikut Kampanye WFP Korea yang Salurkan Bantuan Pangan untuk Palestina

Selain 2 idol ini, ada juga beberapa musisi K-pop yang mendukung Palestina.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Qommarria Rostanti
Minho SHINee. Minho menjadi salah satu idol K-pop yang berpartisipasi dalam WFP Korea yang menyalurkan bantuan makanan untuk masyarakat Palestina.
Foto: EPA-EFE/YONHAP SOUTH KOREA OUT
Minho SHINee. Minho menjadi salah satu idol K-pop yang berpartisipasi dalam WFP Korea yang menyalurkan bantuan makanan untuk masyarakat Palestina.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Situasi semakin genting di Gaza, Palestina, karena rangkaian serangan dari Israel yang tidak berhenti. Hal ini membuat warga di seluruh dunia memberikan bantuan dan dukungan untuk masyarakat Palestina.

Dukungan itu tidak hanya berasal dari warga sipil tetapi dari kalangan selebritas, termasuk idol K-pop. Belum lama ini dua idol yakni Minho dari grup K-pop SHINee dan Doyoung dari grup NCT menjadi sorotan publik setelah mengungkapkan partisipasinya dalam Program Pangan Dunia (WFP) Korea. Aksi itu dilakukan Minho dan Doyoung pada 16 Oktober dalam rangka memperingati Hari Pangan Sedunia yang jatuh pada 12 Oktober 2023.

Baca Juga

Kampanye WFP Korea akan menyalurkan bantuan untuk masyarakat Palestina. Dalam unggahan Story Instagram, Minho menyebut Doyoung soal partisipasinya di kampanye tulisan tangan.

Menurut akun X @KDY_INA, Doyoung membalas sebutan Minho. "Saya berempati dalam keseriusan krisis pangan global dan akan mengikuti upaya WFP dalam menanggulanginya," kata Doyoung dalam tangkapan layar yang dibagikan. 

Selain mereka, ada idol K-pop lain yang juga mendukung Palestina. Dikutip dari Mashable, mereka adalah:

1. BM KARD

Dia pernah mengungkapkan dukungannya dalam cuitannya yang menyebut banyak orang tak berdosa yang kehilangan haknya di Gaza. "Sementara aku bisa merayakan ulang tahun, di Gaza, masih banyak orang yang kehilangan hak mereka. Mari kita berdoa untuk jiwa yang hilang dan perjuangan mereka," katanya.

2. Jonghyun SHINee

Jonghyun dikenal sebagai sosok yang vokal dalam menyeruakan keadilan. Dia pernah membagikan foto di Jalur Gaza yang ditangkap dari langit.

3. RM BTS

RM BTS pernah menghadiri pameran Barakat yang dimiliki oleh warga Palestina bernama Fayez Barakat. Dia juga memiliki dua karya seni dari seniman Bansky, sosok yang terkenal dengan sejarahnya yang membuat mural di tembok pembatas Tepi Barat Israel.

4. Jay Park

Sejak tahun 2021, Jay Park mengungkapkan dukungannya untuk Palestina melalui unggahan di akun Instagrammnya. Namun, setelah itu dia melakukan deactivated akun di akhir tahun 2021.

5. eaJ atau Jae

Pada 2021, mantan anggota DAY6, Jae, mengunggah utas yang memberikan detail dari berbagai cara untuk memberikan bantuan pada Palestina.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement