Senin 30 Oct 2023 15:25 WIB

Dokter Gigi: Scaling Bukan Penyebab Gigi Goyang

Karang gigi yang menumpuk jadi salah satu penyebab gigi goyang.

Scaling gigi (ilustrasi). Scaling gigi bukan jadi penyebab gigi goyang.
Foto: Freepik
Scaling gigi (ilustrasi). Scaling gigi bukan jadi penyebab gigi goyang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dokter Gigi dari RSCM Jakarta Ines Agustina Sumbayak mengatakan bahwa gigi goyang pada umumnya bukan disebabkan oleh pembersihan karang gigi atau scaling. Yang membuat gigi giyang adalah karang gigi yang tidak dibersihkan.

"Mitos ya kalau scaling itu membuat gigi goyang, dan banyak orang yang percaya itu sehingga takut untuk membersihkan karang gigi," kata Ines di Jakarta, Senin (30/10/2023).

Baca Juga

Ines menjelaskan, plak atau dikenal dengan sisa makanan yang bercampur dengan bakteri pada rongga mulut yang tidak dibersihkan dengan baik. Sisa makanan ini akan mengeras dan menjadi karang gigi.

Ia menyebut bahwa yang membuat gigi goyang adalah karang gigi yang tidak dibersihkan. Sehingga, penting bagi masyarakat untuk memeriksakan kesehatan dan kebersihan gigi minimal enam bulan sekali.

"Justru dengan menghilangkan karang gigi tersebut, maka secara otomatis akan menghilangkan penyebab kegoyangan gigi," ujarnya.

Secara fisiologis, gigi goyang normal terjadi pada anak-anak yang berusia enam tahun atau fase di mana gigi susu akan berganti menjadi gigi permanen.

Sementara kegoyangan yang berikutnya bersifat patologis atau sebenarnya bukanlah kegoyangan dalam kondisi yang normal, melainkan disebabkan adanya infeksi atau trauma yang bisa terjadi baik pada gigi susu maupun gigi permanen.

Selain karang gigi, faktor lain penyebab....

 

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement