Jumat 27 Oct 2023 12:46 WIB

Drummer Mike Portnoy Gabung Lagi di Dream Theater, Segera Garap Album Baru

Berita bahagia diumumkan lewat akun Instagram Dream Theater.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Group musik rock Dream Theater. Band tersebut mengumumkan bahwa Mike Portnoy akan kembali bergabung.
Foto: Antara/Yudhi Mahatma
Group musik rock Dream Theater. Band tersebut mengumumkan bahwa Mike Portnoy akan kembali bergabung.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dream Theater mengumumkan kembali bergabungnya drummer Mike Portnoy dalam band metal progresif tersebut. Kabar gembira tersebut disampaikan oleh band lewat unggahan di akun Instagram @dreamtheaterofficial, Rabu (25/10/2023).

"Kami sangat senang mengumumkan kembalinya drummer @mikeportnoy ke Dream Theater!. Kami akan segera memulai pengerjaan album studio ke-16 kami di studio bersamanya, sejak (album) Black Clouds & Silver Linings tahun 2009!," ujar Dream Theater.

Baca Juga

Lewat akun Instagram pribadinya, Portnoy, juga mengabarkan hal tersebut dengan caranya sendiri. Musisi 56 tahun itu mengunggah foto yang menunjukkan tato di dadanya, bertuliskan "Kau sudah di rumah". Keterangan foto menuliskan tanggal 25 Oktober 2023.

Berita mengejutkan itu disambut baik oleh penggemar, sebab menandai bersatunya tiga serangkai yang dahulu membentuk band ini pada 1985. Portnoy bersama pemain gitar John Petrucci dan pemain bass John Myung dahulu menggagas Dream Theater saat menempuh studi di Berklee College Of Music.

 

Selain mereka bertiga, kini Dream Theater juga beranggotakan James LaBrie (vokal) dan Jordan Rudess (kibor). Portnoy memilih hengkang dari band pada September 2010 karena ingin rehat sejenak. Lantas, posisinya sebagai drummer digantikan oleh Mike Mangini.

Setelah Portnoy kembali ke Dream Theater, tentunya Mangini tidak lagi bergabung dalam grup musik itu. Dikutip dari siaran pers Dream Theater di laman resmi band, Mangini memahami keputusan Dream Theater yang kembali menyambut Mike Portnoy.

"Seperti yang dikatakan sejak awal, posisi saya bukanlah untuk mengisi semua peran Mike (Portnoy) di band. Saya bermain drum untuk membantu band tetap berlanjut. Peran utama saya dalam menjaga pertunjukan live kami tetap berjalan setiap malam adalah pengalaman intens dan bermanfaat," kata Mangini.

Dia mengaku mendapat pengalaman luar biasa selama bermusik dengan Dream Theater, serta saat-saat menyenangkan yang diselingi humor.  Mangini pun sangat menikmati menghabiskan banyak waktu bersama kru band, juga kemenangan Grammy yang sangat memuaskan. Kepada para penggemar Dream Theater, Mangini mengapresiasi semua dukungan terhadapnya selama ini.

Gitaris John Petrucci berterima kasih untuk waktu yang dihabiskan Mangini bersama Dream Theater. Termasuk, momen ajaib tak terhitung jumlahnya di atas panggung selama 13 tahun terakhir. "Saya mendoakan yang terbaik untuk kesuksesan karier musiknya di masa depan," ujar Petrucci. 

Pemain bas Dream Theater, John Myung, bersemangat menyambut Mike Portnoy kembali ke Dream Theater. Sebagai anggota pendiri asli band, teman lama, serta drummer yang sangat berbakat dan kreatif, Myung berpendapat kembalinya Portnoy akan membawa semangat dan energi baru ke Dream Theater.

"Senang sekali bisa kembali ke formasi asli bersama drummer kami, Mike Portnoy. Kami mulai bermain bersama hampir 40 tahun yang lalu dan saya sangat bersemangat untuk melihat apa yang akan diciptakan oleh fase selanjutnya dari Dream Theater di masa depan," kata Myung.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement