Senin 23 Oct 2023 20:00 WIB

Gerai Mi Ayam dan Bakso yang Sudah Punya Sertifikat Halal

Setidaknya ada 5 rekomendasi gerai mi ayam dan bakso yang sudah tersertifikasi halal.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Qommarria Rostanti
Semangkuk bakso (ilustrasi). Di Indonesia, ada beberapa gerai mi ayam dan bakso yang sudah memiliki sertifikat halal.
Foto: Dok. www.freepik.com
Semangkuk bakso (ilustrasi). Di Indonesia, ada beberapa gerai mi ayam dan bakso yang sudah memiliki sertifikat halal.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Siapa yang tak gemar menyantap mi ayam dan bakso? Hidangan yang digemari oleh berbagai lapisan masyarakat  di Indonesia ini tak hanya mengenyangkan, tetapi juga memiliki cita rasa yang menggugah selera.

Mi ayam atau bakmi merupakan sajian yang terdiri atas mi, ayam potong atau cincang yang berbumbu, serta sayuran. Hidangan turunan Cina yang telah mendapatkan sentuhan khas Indonesia ini bisa ditemukan di pinggir jalan hingga restoran.

Baca Juga

Bakso juga merupakan hidangan turunan Cina yang telah mendapatkan sentuhan lokal. Sajian ini biasanya terdiri atas bola-bola daging, bihun, mie, sayuran, serta kuah kaldu.

Baik bakmi maupun bakso versi Cina biasanya dibuat dengan menggunakan bahan-bahan non halal. Sebagai contoh, menggunakan daging babi, lemak babi, atau minyak babi.

 

Oleh karena itu, meski mi ayam dan bakso merupakan hidangan yang umum ditemukan dalam keseharian, Muslim perlu lebih berhati-hati agar tidak menyantap mie ayam dan bakso versi non halal. Berikut ini adalah lima rekomendasi gerai mi ayam dan bakso yang sudah tersertifikasi halal:

1. Mie Bandung Kejaksaan 1964 (nomor sertifikat ID00210006558340723)

Gerai yang melegenda dan telah berdiri sejak 1964 ini memiliki sajian mi yang tak perlu diragukan lagi kualitasnya. Menu yang menjadi unggulan dari Mie Bandung Kejaksaan 1964 adalah mi yamien atau mi ayam yang tak berkuah.

Mie Bandung Kejaksaan 1964 memiliki varian mi yamien asin dan manis dengan topping ayam. Sajian mi yamien juga dapat dilengkapi dengan beragam topping pendamping lain seperti pangsit rebus, pangsit goreng, bakso sapi, hingga ceker.

Selain sajian mie yamien, pecinta kuliner juga bisa mencicipi beberapa menu lain yang tak kalah lezat. Sebagian di antaranya adalah kwetiau asin dan manis, serta batagor. Saat ini, Mie Bandung Kejaksaan 1964 telah memiliki 46 outlet yang tersebar di Bandung, Depok, Tangerang, Bogor, hingga Jakarta.

2. Bakmi Ono (nomor sertifikat LPPOM-00160146440522)

Sajian bakmi yang sempat viral di media sosial ini memiliki beberapa variasi bakmi, seperti bakmi karet, bakmi halus, dan bakmi lebar. Sajian bakmi dari Bakmi Ono juga dilengkapi dengan beragam topping seperti daging ayam, bakso, serta pangsit.

Yang membuat Bakmi Ono berbeda adalah jenis ayam yang digunakan sebagai topping. Meski memiliki harga yang terjangkau, topping ayam dalam sajian bakmi mereka berasal dari ayam kampung.

Selain bakmi, Bakmi Ono juga menawarkan beberapa menu lain yang dapat memanjakan lidah seperti bihun ayam, lumpia goreng, bakso goreng, dan pangsit goreng. Bakmi Ono memiliki beberapa cabang yang tersebar di Gading Serpong, BSD, hingga Jakarta.

4. Mie Ayam Koga (nomor sertifikat ID18110003230980323)

Gerai mi ayam yang telah berdiri sejak 1978 ini menawarkan menu mi ayam khas Lampung. Menu andalan dari Mie Ayam Koga adalah ragam sajian mie ayam dengan opsi topping ayam kecap atau ayam rebus. Sajian mie ayam ini bisa dilengkapi dengan topping tambahan lain seperti bakso sapi, pangsit rebus, pangsit goreng, atau bakso goreng.

Pencinta kuliner juga bisa memilih jenis mi sesuai dengan preferensi masing-masing. Opsi mi yang ditawarkan oleh Mie Ayam Koga adalah mi original, mi keriting, bihun, kwetiaw, locupan, dan shirataki.

Selain menu mi ayam, Mie Ayam Koga memiliki opsi menu lain seperti mi kuah khas Lampung dan beberapa sajian bakso. Mie Ayam Koga juga menawarkan menu mie, kwetiaw, dan bihun goreng dengan pilihan topping yang beragam, mulai dari telur, udang, bakso ikan, telur mata sapi, hingga empiang.

Gerai Mie Ayam Koga sudah tersebar di empat lokasi. Keempat lokasi tersebut adalah Kedaton di Lampung, West Park di BSD, Freshmarket di Bintaro, dan Aniva Junction di Paramount, Serpong.

5. Bakso Celup Singapore (nomor sertifikat LPPOM-00160113220121)

Penggemar sajian bakso ikan khas Singapura tak boleh melewatkan ragam sajian bakso dari Bakso Celup Singapore. Sajian bakso dari Bakso Celup Singapore biasanya disajikan bersama jeruk sonkit sehingga terasa sangat menyegarkan.

Ada beberapa opsi menu paket bakso ikan yang ditawarkan oleh Bakso Celup Singapore. Namun secara umum, satu porsi bakso ikan dari Bakso Celup Singapore bisa terdiri dari kombinasi bakso ikan, bakso tahu, otak-otak ikan tenggiri, bakso lobster, bakso sapi, bihun, hingga nasi.

Bakso Celup Singapore juga menawarkan menu lain seperti nasi goreng otak-otak, kwetiau goreng otak-otak, dan bihun goreng otak-otak. Ada pula menu bakso goreng dengan variasi bakso yang beragam, mulai dari bakso ikan, bakso sapi, hingga bakso lobster.

Bakso Celup Singapore saat ini tersebar di beberapa lokasi. Lokasi gerai-gerai tersebut adalah Depok, Kemang dan Sudirman di Jakarta Selatan, serta BSD.

6. Bakso Lapangan Tembak (nomor sertifikat LPPOM-00160072710515)

Penggemar kuliner tentu sudah tak asing dengan gerai makanan yang berdiri sejak 1972 ini. Salah satu menu favorit dari Bakso Lapangan Tembak adalah sajian baksonya yang segar dan nikmat. Beberapa menu bakso yang ditawarkan oleh Bakso Lapangan Tembak adalah bakso kuah, bakso urat, dan bakso campur.

Selain bakso berkuah, Bakso Lapangan Tembak juga menyajikan menu bakso lainnya. Beberapa menu tersebut adalah bakso goreng dan bakso urat goreng.

Tak hanya itu, Bakso Lapangan Tembak juga menawarkan beragam variasi menu lain seperti mie ayam, mie yamin asin dan manis, nasi goreng, ragam menu chinese food, hingga berbagai variasi tongseng.

Saat ini, gerai Bakso Lapangan Tembak telah tersebar di berbagai wilayah. Gerai-gerai Bakso Lapangan Tembak bisa ditemukan di Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement