Rabu 18 Oct 2023 07:24 WIB

Kopi Kekinian yang Punya Sertifikat Halal, Harga Terjangkau, dan 'Aman' Bagi Muslim

Bagi Muslim, penting memastikan gerai kopi yang dikunjungi menawarkan minuman halal.

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti
Kopi kekinian (ilustrasi). Setidaknya ada 5 gerai kopi kekinian yang sudah mengantongi sertifikat halal.
Foto: Dok. www.freepik.com
Kopi kekinian (ilustrasi). Setidaknya ada 5 gerai kopi kekinian yang sudah mengantongi sertifikat halal.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kemunculan gerai kopi di Indonesia semakin berkembang. Kini kedai kopi bukan saja menjadi tempat untuk menikmati minuman favorit, melainkan juga sebagai area nongkrong, bersosialisasi, mengerjakan tugas kuliah, hingga pekerjaan.

Apalagi, Indonesia jug termasuk salah satu negara penghasil kopi tertinggi di dunia. Gerai kopi kekinian biasanya menawarkan sajian kopi dalam berbagai varian. Perkembangan menu-menu kopi juga kerap mengikuti selera generasi muda.

Baca Juga

Meski demikian, penting memastikan gerai kopi yang dikunjungi menawarkan minuman halal. Salah satunya dengen mengecek sertifikasinya di laman Halal MUI. Berikut lima gerai kopi yang sudah mengatongi sertifikat halal:

1. Kopi Kenangan

 

photo
Kopi Kenangan. - (Instagram @kopikenanganid)

 

Kopi Kenangan menjadi salah satu jaringan kopi grab-and-go dengan pertumbuhan tercepat di Indonesia. Ide Kopi Kenangan bermula karena para pendirinya mempunyai misi untuk menyebarkan kecintaan mereka terhadap kopi Indonesia sebagai merek lokal dari Indonesia ke seluruh dunia, dan dari Indonesia ke seluruh Asia.

Kopi yang identik dengan label romansa dan nama menu unik yang menggambarkan kenangan percintaan ini mengantongi sertifikat halal bernomor LPPOM-00160107371020 dengan nama perusahaan PT BUMI BERKAH BOGA (KOPI KENANGAN) yang berlaku sampai 21 Desember 2025.

2. Janji Jiwa

photo
Kopi Janji Jiwa. - (Instagram @kopijanjijiwa)

 

Kopi Janji Jiwa sudah hadir selama lima tahun dalam mengisi ruang gaya hidup masyarakat. Baru-baru ini, Janji Jiwa memperkenalkan logo dan konsep outlet yang baru, serta menghadirkan “Mobile Coffee Cart: Kopi Sejuta Jiwa (KSJ)” untuk memudahkan para pelanggan mendapatkan minuman favorit dan terjangkau. Janji Jiwa mengantongi sertifikat LPPOM-00160136731221 dengan nama perusahaan PT Luna Boga Narayan yang berlaku hingga 21 Desember 2025.

3. Kopi Nako 

photo
Kopi Nako. - (Instagram/@kopinako.id)

 

Kopi Nako dengan sertifikat halal LPPOM-00060102580220 juga menjadi salah satu tempat nongkrong favorit anak muda. Sertifikasi halalnya berlaku sampai 8 November 2026. Inspirasi Nako sendiri terkait dengan kaca nako yang juga tergambar dari desain gerainya. Nako juga disebut sebagai singkatan dari nasi-kopi, karena awal mula bisnisnya membuat warteg nasi didampingi kopi.

BACA JUGA: Bolehkah Istri Ngambil Uang Suami Tanpa Izin?

4. Fore Coffee

photo
Fore Coffee. - (Republika/Desy Susilawati)

 

Fore Coffee berdiri sejak 2018, dengan inspirasi nama berasal dari kata hutan. Fore memiliki sertifikasi halal LPPOM-00120102850320 yang valid sampai 28 Juni 2026. Fore Coffee dapat ditemukan berbagai titik, mulai dari Denpasar, Malang, Yogyakarta, Palembang, hingga Batam.

5. Tanamera Coffee

photo
Tanamera Coffee. - (Dok. @tanameracoffee)

 

Perjalanan Tanamera Coffee dimulai karena ingin menjadikan Indonesia terkenal dengan kopi spesialnya seperti tanah vulkanik merah yang menjadi asal mula namanya, kepulauan ini memiliki tanah yang kaya dan subur, cocok untuk menanam kopi spesial. PT Tanamera Kopi Indonesia mengantongi sertifikasi halal LPPOM-00120106920920 yang valid hingga 12 Juli 2026.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement