Sabtu 21 Oct 2023 13:48 WIB

Cuaca Panas, Ini 5 Rekomendasi Tabir Surya Halal yang tak Perih di Mata

Produk tabir surya pun dibanderol dengan harga yang terjangkau.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Saat cuaca panas,satu hal yang bisa dilakukan untuk melindungi diri adalah dengan mengaplikasikan tabir surya pada seluruh tubuh yang tak terlindungi oleh pakaian, termasuk wajah. (ilustrasi)
Foto: Pixabay
Saat cuaca panas,satu hal yang bisa dilakukan untuk melindungi diri adalah dengan mengaplikasikan tabir surya pada seluruh tubuh yang tak terlindungi oleh pakaian, termasuk wajah. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Sejumlah wilayah di Indonesia saat ini sedang dilanda oleh cuaca yang sangat panas. Bahkan suhu di Pati, Jawa Tengah, sempat mencapai 40 derajat Celsius. Paparan sinar matahari yang terik ini tentu bisa membawa dampak negatif bagi kesehatan.

Secara umum, paparan sinar matahari dibutuhkan oleh tubuh untuk memproduksi vitamin D. Namun paparan sinar matahari yang berlebih bisa menyebabkan kerusakan pada mata, sistem imun, hingga kulit. Menurut Johns Hopkins Medicine, paparan sinar matahari berlebih juga dapat memicu terjadinya kanker.

Baca Juga

Oleh karena itu, orang-orang sangat dianjurkan untuk melindungi diri dari paparan sinar matahari berlebih. Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk melindungi diri adalah dengan mengaplikasikan tabir surya pada seluruh tubuh yang tak terlindungi oleh pakaian, termasuk wajah.

Sayangnya, sebagian tabir surya bisa memunculkan sensasi perih pada mata ketika diaplikasikan pada wajah. Berikut ini adalah lima rekomendasi tabir surya yang tidak perih di mata dan telah tersertifikasi halal sehingga aman digunakan oleh Muslim.

1.Hanasui Collagen Water Sunscreen SPF 30+ PA+++

Tabir surya ini memiliki formula yang ringan, tanpa alkohol, serta tanpa parfum. Selain itu, produk dengan SPF 30+ PA+++ ini tidak menimbulkan noda putih serta tidak lengket.

Selain memberikan perlindungan terhadap sinar ultraviolet, tabir surya ini juga dapat membuat kulit terlihat segar dan sehat. Efek menyegarkan dan menyehatkan ini datang dari Collagen Water, Blue Oleoactif, serta Ekstrak Mugwort yang terkandung di dalamnya. Kandungan-kandungan ini dapat melindungi, menghidrasi, sekaligus menenangkan kulit.

Ada pula kandungan sodium hyaluronate dan inositol yang dapat melembapkan dan menghaluskan kulit serta membuat kulit lebih kenyal. Produk yang cocok digunakan untuk aktivitas di dalam ruangan ini juga mengandung advance niacinamide yang mampu membantu mencerahkan serta meratakan warna kulit. Tabir surya ini dibanderol dengan kisaran harga sekitar Rp 27.000 untuk ukuran 30 ml.

 

2.Nivea Sun Extra Protect C&E SPF50 30mL

Ini merupakan produk tabir surya pertama yang memiliki kandungan Vitamin C untuk menyamarkan noda hitam dan Vitamin E untuk membantu melembabkan kulit. Tabir surya ini juga memiliki tekstur yang ringan dan bisa menyerap dengan cepat di kulit.

Selain itu, tabir surya ini dapat memberikan proteksi ganda dari paparan sinar UVA dan UVB. Anda cukup membeli dengan kisaran harga normal sekitar Rp 60.000 untuk ukuran 30 ml.

 

3.Azarine - Hydrasoothe Sunscreen Gel SPF 45 50ml

Tabir surya berbasis air atau gel ini memiliki tekstur yang sangat ringan dan dapat memberikan sensasi dingin. Tak hanya itu, tabir surya ini pun sangat mudah meresap pada seluruh jenis kulit, termasuk kulit berminyak dan rentan berjerawat. Produk ini pun cocok digunakan pada kulit sensitif, berminyak, kombinasi, atau berjerawat karena tak memiliki kandungan alkohol, minyak, dan silicone.

Yang tak kalah penting, produk yang tak meninggalkan "efek dempul" ini dibanderol dengan harga normal di kisaran Rp 75.000 untuk ukuran 50 ml.

 

4.Wardah UV Shield Essential Sunscreen Gel SPF 35 PA +++

Tabir surya yang cocok digunakan untuk menunjang aktivitas sehari-hari di luar rumah ini dapat melindungi kulit dari paparan sinar UVA dan UVB, dengan SPF 35 dan PA +++. Yang tak kalah penting, produk ini bebas alkohol dan bersifat non komedogenik atau tidak memicu timbulnya komedo serta diperkaya dengan vitamin C, glutathione, dan vitamin B3 ini pun memiliki tekstur yang ringan.

Keunggulan lainnya, tabir surya ini cocok diaplikasikan pada semua jenis kulit dan dibanderol dengan harga terjangkau yaitu Rp 37.500 untuk ukuran 40 ml.

 

5.True To Skin Sun Friends Soothing Sunscreen Gel

Tabir surya dengan SPF50 dan PA ++++ ini merupakan generasi gel terbaru dari True To Skin. Selain itu, tabir surya ini bisa meresap dengan cepat di kulit dan tidak terasa lengket. Produk ini diformulasikan dengan 4X UV filter sehingga dapat melindungi kulit dari paparan matahari dan sinar UV. Produk yang juga bersifat non komedogenik atau tak memicu timbulnya komedo ini dibanderol dengan kisaran harga sekitar Rp 79 ribu untuk ukuran 30 ml.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement