Jumat 20 Oct 2023 23:00 WIB

The Menu, Film Horor yang Paling Populer Tahun Ini

Temuan film horor yang paling populer pada 2023 ini dinilai cukup mengejutkan.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Qommarria Rostanti
Poster film horor The Menu. Ini menjadi film yang paling populer pada tahun 2023.
Foto: Dok. Hyperobject Industries
Poster film horor The Menu. Ini menjadi film yang paling populer pada tahun 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Horor merupakan salah satu genre film yang paling banyak diminati oleh para pencinta film. Di tengah beragamnya judul film horor yang ada saat ini, mana yang berhasil mendulang popularitas paling besar pada tahun ini?

Menurut studi yang dilakukan oleh Reelgood, film bergenre horor paling populer di sepanjang 2023 adalah The Menu besutan sutradara Mark Mylod. Temuan ini dinilai cukup mengejutkan karena film yang dibintangi oleh Anya Taylor Joy, Nicholas Hoult, dan Ralph Fiennes tersebut dirilis pada 2022.

Baca Juga

Melalui studi terbarunya, Reelgood tak hanya menilai popularitas film-film horor yang baru dirilis pada 2023. Dia juga melibatkan beragam judul film horor populer lain yang dirilis di tahun-tahun sebelumnya. Berikut ini adalah daftar judul film horor paling populer pada periode 1 Januari 2023 - 10 Oktober 2023 versi Reelgood, seperti dilansir ScreenRant pada Jumat (20/10/23):

1. The Menu (2022)

2. The Pale Blue Eye (2022)

3. No One Will Save You (2023)

4. Nope (2022)

5. Renfield (2023)

6. M3GAN (2022)

7. Infinity Pool (2023)

8. Evil Dead Rise (2023)

9. Knock at the Cabin (2023)

10. I See You (2019)

Film The Menu pertama kali dirilis di TIFF pada September 2022 dan berhasil mendapatkan respons yang sangat positif. Namun saat memasuki bioskop pada November 2022, The Menu belum berhasil menjadi film yang meledak di box office.

Selama penayangan di bioskop, The Menu mengantongi pendapatan sekitar 79,6 juta dolar AS atau sekitar Rp 1,26 triliun. Sebenarnya, pendapatan ini bisa terbilang sukses berdasarkan perhitungan tradisional.

Penilaian yang diberikan oleh para penonton dan kritikus film terhadap The Menu juga cukup baik. Di Rotten Tomatoes, film ini mendapatkan skor 88 persen dan skor penonton 76 persen.

Mengapa The Menu sangat populer?

Popularitas The Menu melonjak tinggi dan berhasil mendapatkan perhatian dari pecinta film di berbagai belahan dunia setelah masuk ke platform streaming pada 3 Januari 2023. Ada beberapa faktor yang dinilai membuat film ini bisa meraih popularitas besar kala itu.

Salah satu di antaranya adalah ending The Menu yang cukup menggelitik hingga mendorong banyak penonton untuk berdiskusi di media sosial. Faktor lain yang juga membuat film ini sangat disukai adalah premisnya yang inventif dan jarang ditemukan, serta twist di dalam ceritanya.

Keterlibatan Taylor-Joy dalam film ini juga dinilai turut menambah popularitas The Menu. Seperti diketahui, nama Taylor-Joy sedang melonjak naik akibat kepiawaian aktingnya dalam serial "The Queen's Gambit" serta film The Northman dan Last Night in Soho.

Faktor lain yang juga dinilai semakin menambah popularitas The Menu adalah pemeran Chef Slowik, Fiennes. Banyak penonton yang merasa takjub dengan cara Fiennes membawakan sosok chef mengerikan tersebut.

Seperti film-film lainnya, The Menu pun berhasil menarik perhatian banyak orang berkat cuplikan gambar dan video dari film tersebut yang beredar di media sosial. Salah satu adegan yang paling banyak mendapatkan engagement dari film The Menu adalah adegan cheeseburger yang ikonik.

Adegan tersebut tak hanya memperlihatkan cheeseburger yang menggugah selera, tetapi juga berhasil memperkuat tema film. Tak hanya itu, adegan tersebut juga mampu menghadirkan rasa emosional yang kuat di dalam film.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement