Jumat 20 Oct 2023 11:05 WIB

Bus Wisata Paul McCartney And Wings akan Dilelang, Segini Harga Pembukanya

Selain bus Paul McCartney, ada Eric Clapton dan Kurt Cobain yang juga dilelang.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Friska Yolandha
Bus milik Paul McCartney akan dilelang
Foto: BBC
Bus milik Paul McCartney akan dilelang

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bus tingkat yang digunakan oleh Paul McCartney dan bandnya Wings untuk tur Eropa tahun 1972 telah direnovasi dan akan dilelang bulan depan. Tawaran diperkirakan sebesar 200 ribu hingga 300 ribu dolar AS.

Mantan anggota Beatle McCartney dan mendiang istrinya Linda membentuk band rock Amerika-Inggris, Paul McCartney and Wings yang dikenal sebagai Wings, bersama dengan drummer Denny Seiwell dan gitaris Denny Laine pada tahun 1971 setelah bubarnya band legendaris tersebut.

Baca Juga

Pada musim panas tahun 1972, mereka berangkat untuk tur "Wings Over Europe" menggunakan bus tingkat Bristol KSW tahun 1953 yang dikenal sebagai WNO 481.

"Paul dan Linda memiliki dua gadis muda, dua Denny dari band juga memiliki istri dan anak, dan Paul tidak ingin mereka berada di dalam bus tertutup. Dia menginginkan sesuatu yang menyenangkan," kata pendiri Julien's Auctions Martin Nolan yang menjual kendaraan tersebut sebagai bagian dari lelang "Played, Worn, & Torn: Rock 'n' Roll Iconic Guitars and Memorabilia" bulan depan.

Dilansir Reuters, Jumat (20/10/2023), bus yang eksteriornya dicat dengan nuansa biru, merah, hijau dan kuning, dengan karya seni psikedelik yang mencerminkan gaya hippie pada masa itu, melakukan perjalanan melintasi sembilan negara Eropa dalam tur tahun 1972.

Kemudian bus ditemukan di Spanyol dalam keadaan rusak dan dibawa kembali ke Inggris oleh pemiliknya. "Bus ini berangkat ke seluruh Perancis selatan, Jerman, dan Finlandia hanya bersenang-senang di musim panas bersama band Wings," ujar Nolan.

Sekitar 1.000 item, termasuk gitar yang dimainkan oleh Eric Clapton dan Kurt Cobain, ditawarkan pada lelang mulai 16-18 November yang berlangsung di Hard Rock Cafe di Nashville dan secara daring. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement