Jumat 20 Oct 2023 10:09 WIB

WhatsApp Punya 10 Fitur Baru dan Helpful di 2023, dari Status Suara Hingga Edit Chat

Ada 10 fitur baru WhatsApp yang bisa digunakan oleh pengguna.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Qommarria Rostanti
Logo Whatsapp. WhatsApp memiliki 10 fitur keren sepanjang 2023. Fitur tersebut mulai dari status suara hingga edit chat.
Foto: ANTARA/Muhammad Adimaja
Logo Whatsapp. WhatsApp memiliki 10 fitur keren sepanjang 2023. Fitur tersebut mulai dari status suara hingga edit chat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sepanjang 2023, WhatsApp telah menghadirkan 10 fitur baru yang bisa sangat bermanfaat bagi pengguna. Fitur-fitur baru ini tak hanya dapat meningkatkan pengalaman berkirim pesan, tetapi juga mempermudah pengguna untuk mendapatkan informasi terkini.

Sebagian pengguna mungkin belum begitu familier dengan ke-10 fitur baru dari WhatsApp. Berikut ini adalah fungsi dan cara memakai kesepuluh fitur baru tersebut, seperti dilansir Indian Express pada Kamis (19/10/23).

Baca Juga

1. Status suara

Selain berbagi teks dan gambar, pengguna WhatsApp kini bisa mengunggah pesan suara pada status mereka. Fitur status suara ini akan bertahan selama 24 jam seperti layaknya unggahan story di Instagram. Untuk mengunggah status suara, pengguna cukup membuka tab Status, lalu pilih ikon pensil, kemudian tekan dan tahan  ikon mic.

2. Sematkan percakapan

Banyaknya pesan yang masuk terkadang bisa menenggelamkan pesan penting dari orang terkasih atau grup kantor. Agar pesan-pesan penting ini tidak terlewatkan, pengguna bisa menggunakan fitur pin untuk menyematkan percakapan agar muncul di bagian paling atas daftar percakapan.

Untuk menyematkan pesan di ponsel Android, pengguna hanya perlu menekan nama orang atau grup yang diinginkan, lalu pilih ikon pin. Sedangkan pada ponsel iOS, pengguna cukup melakukan swipe kanan pada percakapan yang diinginkan.

3. Edit chat

Hampir setiap orang pernah membuat kesalahan saat menulis pesan. Oleh karena itu, WhatsApp menghadirkan fitur penyuntingan pesan. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk memperbaiki typo atau kesalahan pengetikan, hingga menambahkan kata atau kalimat penting dalam pesan. Fitur ini juga berguna untuk mengubah pesan ketika pengguna salah mengirim pesan ke orang lain.

Fitur penyuntingan pesan hanya akan bertahan selama 15 menit setelah pesan dikirim. Untuk menggunakan fitur ini, tekan pesan dalam waktu lama lalu pilih Edit atau Sunting pada menu.

4. Companion mode

Pengguna yang memiliki lebih dari satu ponsel dan ingin mengakses satu akun WhatsApp yang sama dari ponsel-ponsel tersebut bisa memanfaatkan fitur companion mode. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menghubungkan akun WhatsApp mereka ke lebih dari satu perangkat. Untuk menggunakannya, buka WhatsApp pada ponsel kedua, pilih "Or link this device to an existing account", kemudian pindai kode QR yang muncul dari ponsel utama.

Fitur kunci untuk chat tertentu...lanjutkan membaca>>

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement