Senin 16 Oct 2023 17:58 WIB

Mantan Vokalis Naff Larang Band Lamanya Nyanyikan Lagu Ciptaannya

Ada beberapa lagu terkenal mantan vokalis Ady yang dilarang dinyanyikan oleh Naff.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Grup band Naff. Mantan vokalis Naff, Ady, melarang band tersebut menyanyikan lagu ciptaannya.
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Grup band Naff. Mantan vokalis Naff, Ady, melarang band tersebut menyanyikan lagu ciptaannya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejak Ahmad Dhani melarang Once membawakan lagu-lagu Dewa 19, kini muncul berbagai larangan dari musisi Tanah Air terhadap karya yang milikinya. Sebelumnya keluarga Koes Plus yang melarang band T'Koes membawakan lagu orang tuanya. Ada juga Drive dan Anji yang sepakat bahwa Anji tidak akan menyanyikan band tersebut.

Kini giliran mantan vokalis band Naff, Ady turut melarang mantan bandnya membawakan karyanya. Apa saja lagu ciptaan Ady yang dilarang dibawakan?

Baca Juga

Dalam akun @ady_287, Ady mengungga sebuah video dirinya memberikan pernyataan terbuka untuk grup band Naff. Berikut isi video tersebut :

"Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Untuk diketahui seluruh pecinta musik Indonesia, teman-teman EO, manajemen Naff dan khususnya personil Naff. Hari Jumat, ini tanggal 29 September 2023 dan sampai kapanpun saya menyampaikan bahwa saya tidak mengizinkan naff untuk membawakan semua lagu-lagu saya, karya cipta saya," ujar Ady yang memiliki 20 ribu pengikut yang dikutip dari akun Instagramnya, Senin (16/10/2023).

 

Ady mengatakan, "Tujuan saya membuat pernyataan terbuka ini adalah agar kita bisa sama-sama saling menghargai dan beretika terhadap karya-karya cipta orang lain," ujarnya.

Selain memberikan pernyataan lewat video, Ady juga menyampaikannya dalam tulisan caption videonya. "Selama 13 tahun Ady ex-Naff @ady_287 tidak pernah menggubris mantan bandnya yang selalu membawakan lagu-lagu ciptaannya, tanpa izin," bunyi caption tersebut.

"Per hari ini, Jumat 29 September 2023 sampai seterusnya, Ady pelantun sekaligus pencipta lagu-lagu hit 'Terendap Laraku', 'Akhirnya Ku Menemukanmu', 'Kau Masih Kekasihku' melarang keras Naff @naffmusik membawakan lagu-lagu ciptaan Ady dengan alasan apapun, karena Ady memiliki kuasa penuh terhadap lagu-lagu ciptaannya".

"Berkarya dan hiduplah dengan karyamu," kata dia lagi.

Unggahan Ady ini mendapatkan berbagai komentar dan tanggapan dari warganet. Akun@ardiyanocopolo mengatakan, "Kenapa nggak dri dulu Mas". 

Akun @mochamadseptoan_ menanggapi komentar tersebut, "Mumpung pas momennya, berawal dari Ahmad Dhani".

Akun @armanelsan mengatakan, "Pertama karena kasihan sama mantan bandnya, belum jelas juga hukumnya kan, setelah ada aksi yg diinisiasi Ahmad Dhani CS, akhirnya ada titik terang."

Daftar lagu karya Ady adalah "Terendap Laraku", "Akhirnya Ku Menemukanmu", "ANG", "Kau Masih Kekasihku", "Bila Nanti Kau Milikku", "Kaulah Hidup dan Matiku", "Ketika Semuanya Harus Berakhir", "Bila Aku Pulang", "Tak Seindah Cinta yang Lain", dan "Bila Nanti Kau Milikku".

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement