Jumat 13 Oct 2023 22:28 WIB

Pekan Gastronomi Prancis Digelar di Indonesia 12-19 Oktober

Ini kesempatan untuk mempromosikan pertukaran kuliner Prancis dan Indonesia.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Kuliner Prancis (ilustrasi). Pekan Gastronomi Prancis di Indonesia digelar pada 12-19 Oktober 2023.
Foto: Republika/Santi Sopia
Kuliner Prancis (ilustrasi). Pekan Gastronomi Prancis di Indonesia digelar pada 12-19 Oktober 2023.

 

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masyarakat Indonesia kini bisa semakin mengenal seni kuliner Prancis lewat Pekan Gastronomi Prancis di Indonesia. Acara bertajuk "Le Goût de France - Cita Rasa Prancis, J'adore!" itu berlangsung pada 12-19 Oktober 2023. 

Baca Juga

Kegiatan digagas oleh Kedutaan Besar Prancis di Indonesia, Institut Prancis di Indonesia (IFI), dan Business France Indonesia. Pekan Gastronomi Prancis di Indonesia didukung oleh Disciples d'Escoffier. "Pekan gastronomi ini merupakan kesempatan bagi masyarakat Indonesia untuk mengenal dengan lebih baik keragaman gastronomi Prancis dan mempromosikan pertukaran kuliner dan budaya antara Prancis dan Indonesia," kata Duta Besar Prancis untuk Indonesia, Timor Leste, dan ASEAN, Fabien Penone, melalui pernyataan resminya. 

Seni kuliner Prancis sering kali dikenal melalui restoran-restorannya yang ternama dan eksklusif. Padahal, banyak pula restoran sejenis bistro dan brasserie, toko-toko roti dan kue, maupun kafe-kafe yang menawarkan produk dengan harga terjangkau. 

Penone mengatakan, gastronomi Prancis mencakup masakan keluarga, yang resepnya diwariskan turun temurun dari generasi ke generasi. Seperti Indonesia, keramahtamahan dan kesenangan berbagi, pertukaran dan rasa ingin tahu menjadi inti dari hidangan Prancis. 

Seni tata boga Prancis oleh UNESCO dimasukkan ke dalam warisan budaya tak benda umat manusia pada tahun 2010. Pekan Gastronomi Prancis di Indonesia melibatkan lebih dari 150 restoran dan lembaga-lembaga mitra di seluruh Nusantara, termasuk di Jakarta, Bandung, Bogor, Jambi, Seminyak, Denpasar, Sanur, Ubud, Makassar, Medan, Pasuruan, Surabaya, Tangerang, dan Yogyakarta. 

Beragam acara akan diselenggarakan, seperti "menu ala Prancis" yang dihidangkan di restoran-restoran mitra, perlombaan, pemutaran film, pertemuan dan diskusi, serta kelas memasak. Dijadwalkan 15 acara demo memasak di sejumlah sekolah menengah kejuruan dan perguruan tinggi. 

Lomba resep Prancis terbaik tingkat nasional telah diluncurkan di Instagram, yang terbuka bagi siapa saja. Sebanyak 10 orang pembuat video terbaik akan diundang ke grand final yang akan diselenggarakan di Jakarta pada 19 Oktober 2023. 

Pada kesempatan tersebut, dewan juri yang terdiri atas chef-chef dari Prancis dan Indonesia, termasuk Gilles Marx sebagai Ketua Himpunan Murid Escoffier Indonesia, akan menentukan pemenangnya. Hadiah utama adalah perjalanan ke Prancis, untuk mengenal kuliner khas Prancis. Di samping itu, sejumlah program pendamping lainnya juga akan meramaikan Pekan Gastronomi ini seperti pemutaran film & diskusi, pameran, dan studi kasus. 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement