Selasa 10 Oct 2023 18:33 WIB

Gonore Bisa Berpotensi HIV AIDS, Cegah Sebelum Terjadi

Jauh hubungan berisiko dengan bergonta-ganti pasangan untuk hindari gonore.

Rep: Desy Susilawati / Red: Friska Yolandha
Gonore adalah penyakit menular seksual (PMS) yang saat ini sedang ramai diperbincangkan.
Foto:

CDC merekomendasikan pemeriksaan gonore tahunan untuk semua wanita yang aktif secara seksual di bawah usia 25 tahun, serta wanita yang lebih tua dengan faktor risiko seperti baru atau banyak pasangan seks, atau pasangan seks yang menderita infeksi menular seksual. Orang yang menderita gonore juga harus dites untuk penyakit menular seksual lainnya.

Diagnosis gonore

Gonore urogenital dapat didiagnosis dengan pemeriksaan spesimen urin, uretra (untuk pria), atau endoserviks atau vagina (untuk wanita) menggunakan pengujian amplifikasi asam nukleat (NAAT). Penyakit ini juga dapat didiagnosis dengan menggunakan kultur gonore, yang memerlukan spesimen usap endoserviks atau uretra. Tes diagnostik rektal dan oral yang disetujui FDA untuk gonore (serta klamidia) telah divalidasi untuk penggunaan klinis.

Pengobatan gonore

Gonore dapat disembuhkan dengan pengobatan yang tepat. CDC sekarang merekomendasikan dosis tunggal ceftriaxone 500 mg intramuskular untuk pengobatan gonore. Regimen alternatif tersedia jika ceftriaxone tidak dapat digunakan untuk mengobati gonore urogenital atau rektal. 

Meskipun pengobatan akan menghentikan infeksi, pengobatan tidak akan memperbaiki kerusakan permanen yang disebabkan oleh penyakit. Resistensi antimikroba pada gonore semakin memprihatinkan, dan keberhasilan pengobatan gonore menjadi semakin sulit. 

Uji penyembuhan (pengujian lanjutan untuk memastikan infeksi berhasil diobati) tidak diperlukan untuk infeksi genital dan dubur; Namun, jika gejala seseorang berlanjut selama lebih dari beberapa hari setelah menerima pengobatan, ia harus kembali ke penyedia layanan kesehatan untuk dievaluasi kembali. Uji kesembuhan diperlukan 7 sampai 14 hari setelah pengobatan bagi orang yang dirawat karena gonore faring (infeksi tenggorokan).

Karena infeksi ulang sering terjadi, pria dan wanita penderita gonore harus dites ulang tiga bulan setelah pengobatan infeksi awal, terlepas dari apakah mereka yakin pasangan seks mereka berhasil diobati.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement