Ahad 08 Oct 2023 20:46 WIB

Pertemuan Jokowi-SYL Berlangsung Tertutup

Pertemuan antara Presiden Jokowi dengan Syahrul Yasin Limpo berjalan tertutup.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Bilal Ramadhan
Presiden Joko Widodo saat menerima Mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) di Istana Merdeka, Jakarta, Ahad (8/10/2023) malam.
Foto: Fauziah Mursid/Republika
Presiden Joko Widodo saat menerima Mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) di Istana Merdeka, Jakarta, Ahad (8/10/2023) malam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo telah bertemu dengan Mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) di Istana Merdeka, Jakarta, Ahad (8/10/2023) malam. Dalam pertemuan ini Jokowi nampak mengenakan kemeja putih saat duduk dan berbincang dengan Syahrul yang berbaju batik coklat, didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Pertemuan Jokowi dengan Syahrul ini adalah perdana setelah Politikus Nasdem itu mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Menteri Pertanian karena ingin fokus terhadap proses penyidikan kasus dugaan korupsi yang mengaitkan dirinya.

Baca Juga

Namun demikian, pertemuan Jokowi dan Mantan Gubernur Sulawesi Selatan itu tertutup bagi media. Hingga saat ini awak media juga masih menunggu apakah akan ada penjelasan terkait pertemuan tersebut.

Sebelumnya, usai melaksanakan panen raya di Desa Ciasem Girang, Ciasem, Subang, Jawa Barat, Ahad (8/10/2023) pagi, Jokowi membenarkan rencana pertemuan dirinya dengan Syahrul Yasin Limpo (SYL). Namun, Jokowi enggan menjelaskan detil saat ditanyai terkait agenda yang akan dibahas dengan Politikus Partai Nasdem tersebut.

"Ya nggak ngerti, ketemu saja belum kok," katanya.

Terkait sosok pengganti Syahrul, Jokowi menjawab saat ini Pemerintah telah menunjuk  Kepala Badan Pangan Arief Prasetyo sebagai Pelaksana Tugas Menteri Pertanian usai pengunduran diri Syahrul.

"Ya Pak Arief sudah," ujarnya.

Karena itu, Jokowi enggan menjelaskan kembali apakah jabatan Plt Mentan yang diisi Arief akan sementara atau definitif. Termasuk wacana perombakan atau reshuffle kabinet.

"Ya nantilah, wong sudah ada. Sudah dihandle oleh Pak Arief," ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno menerima surat pengunduran diri Syahrul Yasin Limpo  dari jabatannya. Saat menyerahkan surat pengunduran diri, Syahrul didampingi oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar. 

"Saya baru saja menerima kunjungan pak Syahrul Yasin Limpo dan ibu Siti Nurbaya Menteri LHK. Pak Syahrul menyampaikan surat kepada bapak Presiden yang isinya adalah pengunduran diri sebagai menteri pertanian," kata Pratikno kepada wartawan di gedung Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Kamis (5/10/2023).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement