Ahad 24 Sep 2023 21:40 WIB

Pesan Damai Gigi untuk Tahun Politik: Yang Penting Indonesia Tetap Aman

Gigi menjadi penampil di hari ketiga festival musik Pestapora 2023 hari ini.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Ani Nursalikah
Grup band Gigi saat tampil dalam gelaran Pestapora di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Ahad (24/9/2023). Dalam penampilannya Gigi membawakan sejumlah lagu hitsnya berjudul Nirwana, Facebook, 11 Januari dan Nakal.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Grup band Gigi saat tampil dalam gelaran Pestapora di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Ahad (24/9/2023). Dalam penampilannya Gigi membawakan sejumlah lagu hitsnya berjudul Nirwana, Facebook, 11 Januari dan Nakal.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jelang tahun politik, grup musik Gigi merasa perlu menggaungkan pesan perdamaian supaya Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 berjalan lancar. Pesan itu dilontarkan Gigi saat menjadi penampil di hari ketiga festival musik Pestapora 2023, Ahad (24/9/2023).

Menjelang pukul 17.00 WIB, Gigi tampil di Pestapora Stage pada acara yang berlangsung di Gambir Expo, Kemayoran, Jakarta. Band beranggotakan Armand Maulana (vokal), Dewa Budjana (gitar), Thomas Ramdhan (bas), dan Gusti Hendy (drum) itu tampil kasual.

Baca Juga

"Buat anak-anak 90'an," kata Armand sang vokalis, sebelum Gigi mengentak panggung dengan musik pop-rock yang penuh semangat dan tembang manis tentang cinta. Lagu "Terbang", "My Facebook", "Janji", Cinta Terakhir", "Kuingin", hingga "Nirwana", membuat penikmat musik Gigi yang dijuluki Gigikita ikut bernyanyi dan melonjak-lonjak seiring irama.

Band yang dibentuk pada 1994 itu mengapresiasi Pestapora yang baru memasuki penyelenggaraan tahun kedua, tapi sudah amat meriah. Armand menyampaikan perkiraan jumlah penonton yang disebutkan promotor, yang mencapai 120 ribu orang selama tiga hari, Jumat-Ahad (22/9/2023-24/9/2023).

"Terima kasih penonton Indonesia. Love you all. Festival kayak gini, sebuah festival musik yang besar, unik, dan spesial. Mudah-mudahan angkatan 90-an dan kalian semua menikmatinya," ungkap Armand.

Gigi tak membiarkan penonton berdiam sejenak pun, melainkan terus mengajak berdendang dan melompat dengan tembang "Nakal" dan "Jomblo". Pada lagu "Ya Ya Ya", sambil berseloroh Armand memprotes penonton yang kerap salah menyanyikan lirik di bagian refrain dan membetulkannya.

Pada jeda sebelum menyanyikan lagu "11 Januari" di tengah penampilan sore itu, Gigi memberikan pesannya untuk tahun politik. "Love for Indonesia. 2024 nanti, pemilihan umum. Gua enggak peduli lu milih siapa, yang penting Indonesia tetep aman, oke?" tutur Armand.

Hari ketiga sekaligus terakhir Pestapora 2023 menghadirkan deretan musisi Tanah Air beragam genre. Para penampil termasuk Sheila On 7, Dewa 19 feat Ello, D'Masiv, The Changcuters, Seringai X Burgerkill, dan Mahalini. Tampil pula NDX AKA, King Nassar, Ayu Ting-Ting, serta Aldi Taher and Aldi Taher Band.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement