Sabtu 23 Sep 2023 10:04 WIB

Viral di Media Sosial, Apa Manfaat Merendam Kaki dengan Herbal?

Merendam kaki dengan herbal sebenarnya adalah praktik lama dari Cina kuno.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Natalia Endah Hapsari
Merendam kaki (ilustrasi).
Foto: Dok www.freepik.com
Merendam kaki (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-Saat ini sedang viral merendam kaki dengan herbal. Apa sebenarnya manfaat merendam kaki dengan herbal, benarkah baik untuk kesehatan?

Dilansir Mke Wellness, Sabtu (23/9/2023), merendam kaki dengan herbal sebenarnya adalah praktik lama yang telah dilakukan Cina Kuno. Mereka biasa merendam kaki Anda dalam air panas dan rempah-rempah sebelum tidur setiap malam. Aktivitas ini dipercaya memiliki banyak manfaat kesehatan, yang berubah seiring musim. Di musim semi, foot bath menguatkan Yang (energi), dan mencegah penipisan Qi (kekuatan hidup).

Baca Juga

Pengobatan Tradisional Tiongkok (TCM) mengajarkan bahwa jika tubuh manusia adalah sebuah pohon, kepala adalah cabangnya, tubuh adalah batangnya, dan kaki adalah akarnya, maka untuk mengobati penyakit kita, kita harus menyirami akar kita. Mengingat seperempat tulang tubuh berada di kaki, serta 72 ribu ujung saraf dan 6 meridian, maka penting untuk memperhatikan dan merawat kaki kita demi kesehatan secara keseluruhan.

Foot bath juga meningkatkan sirkulasi, yang sangat bermanfaat di daerah dingin. Merendam kaki meningkatkan detak jantung dengan cara yang sama seperti berolahraga, yang bermanfaat bagi mereka yang memiliki keterbatasan fisik. Aktivitas kardiovaskular sangat penting agar tubuh kita dapat memprosesnya secara efisien, jadi mandi kaki sangat efektif bagi mereka yang memiliki gaya hidup yang tidak banyak bergerak.

 

Ramuan untuk foot bath biasanya terdiri dari herbal, garam, dan minyak, semuanya memasuki aliran darah melalui kulit dan mempengaruhi sistem tubuh kita dengan terpen, alkaloid, dan minyak atsirinya. Khasiat obatnya hanya efektif jika terjadi sirkulasi darah yang signifikan, yang berasal dari hangatnya mandi yang membuka pori-pori. 

Kondisi penyakit yang dapat diobati dengan foot bath adalah insomnia bunion dan kutu air, pilek, eksim dan alergi kulit lainnya, nyeri sendi, penyakit jantung, haid, alzheimer, penyakit gastrointestinal, penyakit ginjal, sembelit dan nafsu seksual.

Selain itu, ada manfaat kesehatan jangka panjang bisa mengurangi kelelahan, menenangkan pikiran dan meningkatkan kualitas tidur, darah rendah, memperbaiki kondisi dan kecantikan kulit, memperkuat otot dan tulang dan meningkatkan sirkulasi darah.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement