Kamis 21 Sep 2023 00:37 WIB

Jangan Cuek Saat Sakit Gigi dan Gusi, Bisa Picu Diabetes

Masalah gigi bisa mengganggu kadar gula darah dan memicu diabetes tak terkendali.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Natalia Endah Hapsari
Bukan hanya masalah jantung, penyakit gigi dan gusi juga mempengaruhi kesehatan tubuh lainnya termasuk diabetes melitus.  (ilustrasi)
Foto: Republika/Musiron
Bukan hanya masalah jantung, penyakit gigi dan gusi juga mempengaruhi kesehatan tubuh lainnya termasuk diabetes melitus. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Bukan hanya masalah jantung, penyakit gigi dan gusi juga mempengaruhi kesehatan tubuh lainnya termasuk diabetes melitus. Penyakit periodontal juga dapat mengganggu kadar gula darah dan membuat diabetes lebih sulit dikendalikan.

Hal ini diungkapkan oleh Dokter Gigi Spesialis Konservasi Gigi Dental Specialist Clinic RS Pondok Indah – Pondok Indah dan RS Pondok Indah – Puri Indah, Dr drg Rina Permatasari, SpKG.

Baca Juga

"Untuk diabetes memang ada penelitian yang menyatakan bahwa ada kaitan antara infeksi jaringan periodontal terhadap penyakit diabetes mellitus di mana jaringan periodontal dapat menggangu kadar gula darah," ujarnya dalam ajang jumpa media, Rabu (20/9/2023).

Namun, lanjutnya, penelitian masih berjalan terus. Risiko diabetes mellitus pada seseorang yang mengalami infeksi pada jaringan periodontal gigi dan mulut memang meningkat. "Dengan adanya infeksi pada jaringan gigi dan periodontal, diabetes yang tadinya masih bisa ditolerir jadi muncul," ujarnya.

Ia mengakui memang ada pasien punya riwayat diabetes, lalu mereka datang ke dokter gigi, diperiksa ada infeksi pada gigi dan gusi. Jika sudah seperti itu, ia menyarankan segera ditangani. "Masyarakat harus lebih aware menjadi kesehatan gigi, kontrol, cek, apalagi kalau punya riwayat seperti penyakit jantung, diabetes, ginjal dan lainnya. Jangan diacuhkan, kondisi umum dirawat, gigi dan gusinya juga penting dirawat," sarannya.

Ia mengatakan jika memang ditemukan ada infeksi jaringan periodontal itu bisa dicurigai menjadi penyebab gula darah tiba-tiba tinggi. Namun faktornya bukan itu saja, ada faktor yang menyebabkan secara umum, misalnya memang pankreas ada masalah, atau memang gaya hidupnya sehari-hari. 

"Ketika ditemukan di mulutnya ada infeksi gigi dan jaringan periodontal maka itu harus dirawat. Namun belum ada penelitian yang menyebutkan bakteri gigi penyebabnya tapi bisa saja menyebabkan," ujarnya.

Jika ada infeksi gigi dan jaringan periodontal, lanjutnya, segera dirawat dan diharapkan bisa membantu penyakit diabetes mellitus. Di samping itu, penyakit diabetes mellitusnya juga harus diobati. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement