Selasa 19 Sep 2023 00:02 WIB

Film Batman yang Gagal Dibuat, Totalnya Ada 10, Apa Saja Alasannya?

Setidaknya ada 10 film Batman yang tidak jadi dbuat karena beragam alasan.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Ben Affleck salah satu aktor yang memerankan superhero Batman. Setidaknya ada 10 film Batman yang tidak jadi dibuat karena alasan beragam. (ilustrasi)
Foto: EPA
Ben Affleck salah satu aktor yang memerankan superhero Batman. Setidaknya ada 10 film Batman yang tidak jadi dibuat karena alasan beragam. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagai sosok pahlawan super ikonik dan populer dari deretan komik DC, Batman sudah muncul di banyak film. Banyak filmnya sukses besar di box office dan mendapat apresiasi positif dari kritikus maupun para penggemar.

Tokoh ini pun diperankan banyak aktor menarik, dalam film maupun serial yang diarahkan para sineas andal. Namun, tidak sedikit rencana pembuatan filmnya yang cuma jadi wacana dan urung direalisasikan sebagai berikut, dikutip dari laman MovieWeb, Senin (18/9/2023).

Baca Juga

1. Rencana jangka panjang untuk Michael Keaton

DC Extended Universe (DCEU) tadinya punya rencana jangka panjang untuk aktor Michael Keaton untuk memerankan Batman alias Bruce Wayne. Namun kini rencana tersebut dibatalkan seluruhnya. Warner Bros membatalkan perilisan film Batgirl yang dibintangi Keaton, dan bagian Keaton dari Aquaman and the Lost Kingdom dilaporkan telah dipotong. Keaton memang kembali di The Flash, namun peran Keaton di akhir film dipotong dan diganti dengan George Clooney.

2. The Lego Batman 2

Warner Bros sudah mengamankan lisensi film Lego, yang artinya tiap judul The Lego Movie yang ada di bioskop adalah produksi studio tersebut. Batman mendapatkan peran utama dalam The Lego Movie tahun 2014, dengan Will Arnett sebagai pengisi suara karakter tersebut. Karakter tersebut sangat populer sehingga ia mendapatkan film spin-off-nya sendiri, The Lego Batman Movie, pada 2017.

Film tersebut juga sukses besar, dan ada rencana untuk membuat sekuelnya, yang akan diberi judul Lego Superfriends dan bakal berfokus pada hubungan Batman dengan anggota Justice League lainnya, khususnya Superman. Film ini direncanakan untuk dirilis pada 2022. Namun, setelah The Lego Movie 2: The Second Part mengecewakan di box office, Warner Bros melepas hak film tersebut.

3. The Batman versi Ben Affleck

Sejak awal menandatangani kontrak DCEU, Ben Affleck tidak hanya memiliki keinginan untuk memerankan sang Caped Crusader, tetapi juga menulis dan menyutradarai film Batman baru. Berbagai detail telah disebarkan tentang rencananya untuk film Batman. 

Film ini kabarnya akan menampilkan banyak gadget dan penjahat dari sejarah Batman. Proyek ini juga sudah melewati banyak draf naskah, tetapi sayangnya dibatalkan karena sejumlah alasan. Itu karena Affleck mengalami masa-masa sulit selama syuting ulang Justice League, bercerai, menjalani rehabilitasi, dan akhirnya dia memutuskan untuk menjauh dari Batman. 

4. Justice League: Mortal

George Miller sebenarnya sudah siap mengarahkan Justice League: Mortal, dari naskah karya Kieran dan Michele Mulroney. Ada banyak pahlawan yang disertakan di film ini, termasuk Superman, Batman, Wonder Woman, The Flash, Green Lantern, Aquaman, dan Martian Manhunter. Para penggemar telah lama menantikan film ini, namun tidak pernah dibuat karena sejumlah faktor.

5. Batman vs Superman versi Wolfgang Petersen

Sebelum film Batman vs Superman yang sudah kita kenal, ada banyak pengembangan ide dari proyek itu, termasuk Batman vs Superman versi Wolfgang Petersen. Seharusnya, film melangsungkan syuting pada 2003 untuk dirilis pada tahun berikutnya. 

Namun, naskah yang sudah ada dilaporkan sangat gelap, sehingga akhirnya ditulis ulang oleh studio. Pada akhirnya, rencana ini gagal karena ketidaksesuaian ide antara studio dan sineas tentang pengembangan karakter.  Petersen akhirnya melepas proyek itu untuk menggarap film Troy yang dibintangi Brad Pitt.

6. Batman: Year One

Warner Bros merekrut penulis Frank Miller dan sutradara Darren Aronofsky untuk membuat reboot kisah Batman. Miller bercerita pada suatu kesempatan bahwa pandangan Aronofsky terhadap karakter tersebut ternyata cukup gelap, dan lebih cocok untuk penonton dewasa. Kemungkinan besar, itu tidak akan memenuhi kebutuhan waralaba, sehingga rencana penggarapan film ini tak dilanjutkan.

7. Batman Beyond

Film Batman Beyond sudah direncanakan sejak lama, ketika kesuksesan serial televisi "Batman Beyond" masih segar dalam ingatan studio. Alan Burnett dan Paul Dini ditugaskan untuk menulis adaptasi live-action, serta Boaz Yakin didapuk jadi sutradaranya. Proyek ini tidak pernah berhasil karena studio malah fokus pada reboot Batman.

8. Batman Unchained

Ada dua judul film Batman yang sudah dibuat Joel Schumacher, yang dimaksudkan sebagai sekuel dari film-film garapan Burton. Namun, sekuel terakhir yang dia buat, dengan George Clooney sebagai Bruce Wayne/Batman, membuat Hollywood enggan membuat lebih banyak film superhero beranggaran besar.

Saat dirilis, film berjudul Batman & Robin itu ternyata mengalami kegagalan besar, bahkan dianggap film terburuk yang pernah dibuat. Kondisi itu menggagalkan rencana sekuel dengan judul Batman Unchained, yang sebenarnya sudah memiliki draf naskah dan pemeran potensial.

9. Batman Forever

Pada 1989, sutradara Tim Burton telah mengarahkan film Batman dengan gayanya sendiri, berlanjut dengan Batman Returns (1992). Dia sebenarnya sudah siap menggarap sinema ketiga, tapi Warner Bros mengambil arah yang berbeda untuk waralaba itu.

Keputusan tersebut menyusul adanya kemarahan sebagian penonton terhadap tone dewasa di Batman Returns. Menyusul itu, Burton memilih keluar dari proyek film. Michael Keaton yang berperan sebagai Batman juga meninggalkan proyek film, sehingga Batman Forever tak pernah dibuat.

10. The Batman versi Ivan Reitman

Setelah film Superman (1978) arahan Richard Donner sukses besar, rencana film The Batman segera muncul. Sutradara Ivan Reitman yang dikenal mengarahkan film Ghostbusters segera direkrut. Rumor yang beredar, Bill Murray kala itu ditawari peran Batman.

Sementara, aktor David Bowie diduga kuat memerankan Joker, serta Eddie Murphy jadi nama potensial sebagai Robin. Warner Bros sudah melibatkan banyak penulis untuk membuat draf naskah. Sayangnya, film ini tidak pernah terwujud.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement