Sabtu 16 Sep 2023 17:01 WIB

Aktor Papan Atas yang Nyaris Jadi Batman, Nomor 5 tak Disangka-sangka

Ada deretan aktor yang casting sebagai Batman tapi tak berhasil.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Qommarria Rostanti
Karakter Batman. Ada beberapa aktor papan atas yang nyaris berperan sebagai Batman.
Foto: Aceshowbiz
Karakter Batman. Ada beberapa aktor papan atas yang nyaris berperan sebagai Batman.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagian besar aktor mengalami peningkatan karier yang sangat signifikan setelah memerankan karakter Batman. Tak heran bila Batman kerap menjadi peran impian bagi banyak aktor.

Terhitung sejak 1960-an, ada 10 orang aktor yang telah mengenakan jubah Batman di layar lebar. Aktor-aktor tersebut mencakup Adam West, Michael Keaton, Kevin Conroy, Val Kilmer, George Clooney, Christian Bale, Ben Affleck, dan Robert Pattinson. Seperti dilansir RadioTimes, Will Arnett dan Keanu Reeves juga memerankan karakter Batman versi animasi dalam film The Lego Batman Movie serta DC League of Super-Pets.

Baca Juga

Di sisi lain, ada deretan aktor ternama yang pernah berpartisipasi dalam casting untuk mendapatkan peran Batman tetapi belum berhasil. Sebagian dari aktor-aktor tersebut adalah Armie Hammer, Colin Farrell, Nicholas Hoult, Pierce Brosnan, serta Ethan Hawke. Berikut ini adalah lima aktor besar lain yang hampir terpilih untuk berperan sebagai Batman di layar lebar, seperti dilansir MovieWeb pada Sabtu (16/9/23):

1. Joaquin Phoenix

 

photo
Joaquin Phoenix. - (AP)

 

Warner Bros pernah memiliki sebuah proyek film berjudul Batman: Year One dan menggandeng Darren Aronofsky sebagai penulis naskah. Film ini menghadirkan sisi kelam Batman dengan alur cerita berbeda. Aktor Joaquin Phoenix diberi kepercayaan untuk memerankan Batman dalam film ini. Sayangnya, proyek ini tak pernah terwujud.

2. Jake Gyllenhaal

photo
Jake Gyllenhaal - (EPA)

 

Aktor Jake Gyllenhaal sempat bersaing dengan Christian Bale untuk memerankan Batman dalam film trilogi The Dark Knight Series garapan Christopher Nolan. Meski tak berhasil mendapatkan peran tersebut, saudara perempuan Gyllenhaal yaitu Maggie berkesempatan untuk memerankan karakter Rachel Dawes dalam film The Dark Knight menggantikan Katie Holmes.

3. Cillian Murphy

photo
Aktor Cillian Murphy. Dia menghirup rokok palsu selama syuting film terbarunya Oppenheimer. - (EPA-EFE/NEIL HALL)

 

Selain Gyllenhaal, aktor Cillian Murphy juga sempat dipertimbangkan menjadi pemeran Batman dalam trilogi The Dark Knight Series karya Nolan. Peran ini tak jatuh ke tangan Murphy karena Nolan menilai Bale memiliki keseimbangan yang lebih pas untuk memerankan Batman.

Meski begitu, Nolan menawarkan peran Scarecrow untuk Murphy. Penilaian Nolan ternyata tidak salah karena Murphy menunjukkan performa yang gemilang sebagai Scarecrow dalam film trilogi Batman garapan Nolan.

4. Josh Brolin

photo
Josh Brolin - (AP)

 

Aktor Josh Brolin sempat ditawari peran Batman untuk film Batman v Superman: Dawn of Justice. Meski peran tersebut jatuh ke tangan Ben Affleck, banyak orang menilai bahwa Brolin juga bisa memerankan karakter Batman dengan sangat baik. Alasannya, sang aktor berhasil menuai kesuksesan dalam beragam film superhero lain, termasuk dalam waralaba film Avengers dengan perannya sebagai Thanos.

5. Heath Ledger

photo
Aktpr Heath Ledger saat berperan sebagai Joker di film The Dark Knight karya Christopher Nolan. - (Warner Bros/DC)

 

Siapa sangka, Heath Ledger juga sempat dipertimbangkan oleh Nolan untuk memerankan Batman dalam trilogi film The Dark Knight Series. Akan tetapi, Nolan lalu merasa bahwa Ledger kurang cocok untuk peran tersebut.

Sebagai gantinya, Nolan mendapuk Ledger sebagai The Joker dalam film The Dark Knight. Keputusan Nolan ini juga berbuah manis karena Ledger berhasil menjadi salah satu aktor pemeran Joker yang sangat ikonik.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement