Jumat 15 Sep 2023 09:08 WIB

Polusi Udara Tinggi, Ini Tahapan Pemakaian Skincare yang Tepat

Penggunaan produk skincare berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit,

Rep: Desy Susilawati/ Red: Natalia Endah Hapsari
 Pemakaian skincare sangat penting bagi Anda yang tinggal di daerah dengan tingkat polusi tinggi yang dapat merusak kulit.
Foto: dokpri
Pemakaian skincare sangat penting bagi Anda yang tinggal di daerah dengan tingkat polusi tinggi yang dapat merusak kulit.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Perawatan kulit atau yang sering disebut sebagai skincare, merupakan salah satu aspek penting bagi semua orang yang ingin memiliki kulit yang sehat dan cerah bersinar. Hal ini karena penggunaan produk skincare berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit, terutama melindungi wajah dari berbagai masalah, seperti kulit kusam dan penuaan dini. 

Selain itu, skincare juga sangat penting bagi Anda yang tinggal di daerah dengan tingkat polusi tinggi yang dapat merusak kulit. Untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat, tidak perlu selalu menggunakan rangkaian skincare yang rumit. Mulailah dengan perawatan kulit yang dasar atau basic skincare. 

Baca Juga

Apa sih basic skincare itu? Ini adalah tahapan dalam merawat kulit kamu dengan beberapa langkah yang paling mendasar, seperti membersihkan, melembapkan, dan menggunakan sunscreen atau tabir surya untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV matahari. Bagi remaja pemula yang baru ingin memulai melakukan rangkaian perawatan kulit, sangat dianjurkan untuk memulai dengan basic skincare sebelum mencoba produk yang lebih komplek, hal ini bertujuan untuk mencegah timbulnya masalah kulit, terutama bagi mereka yang memiliki kulit sensitif dan belum terbiasa dengan produk perawatan kulit.

Guna mendapatkan hasil yang maksimal, penting untuk memperhatikan beberapa langkah sederhana basic skincare yang wajib dan jangan sampai dilewatkan dalam proses perawatan kulit. Sebab, hal ini dapat berdampak pada skin barrier wajah kamu. Simak rangkaian rutinitas basic skincare dari Skindoze dan Shopee berikut ini, yang bisa di lakukan dengan mudah di rumah :

1. Gunakan pembersih wajah sebelum mencuci muka

Membersihkan wajah merupakan langkah awal yang penting untuk menjaga kesehatan kulit. Ada baiknya, sebelum mencuci wajah dengan sabun, terlebih dahulu bersihkan wajah menggunakan micellar water atau cairan khusus pembersih wajah yang dapat mengangkat sisa make up dan debu yang menempel. Caranya, kamu bisa gunakan kapas khusus wajah dan tuangkan cairan pembersih wajah secukupnya. 

 

2. Pastikan kelembaban kulit terjaga dengan pelembab

Langkah selanjutnya setelah membersihkan wajah adalah menggunakan pelembap. Pelembap akan dapat membantu dalam mengatur produksi minyak kulit, meratakan tekstur kulit, dan meningkatkan fungsi perlindungan alami kulit. 

 

3. Lindungi kesehatan kulit dengan tabir surya

Penggunaan sunscreen atau tabir surya merupakan langkah terakhir dalam tahapan basic skincare. Menggunakan sunscreen secara rutin setiap pagi adalah kunci penting dalam melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari. Hal ini disebabkan oleh dampak negatif sinar UVA dan UVB dari matahari, seperti kulit kering, perlindungan dari risiko kanker kulit, mencegah sunburn (kulit terbakar akibat sinar matahari), dan menghindari penuaan dini.

"Kami menyadari bahwa setiap individu memiliki jenis dan permasalahan kulit yang beragam, hal ini juga lah yang mendorong para brand lokal untuk terus berinovasi menciptakan produk-produk kesehatan kulit terbaik agar dapat menjawab kebutuhan konsumen," ujar Head of Brands Management & Digital Products Shopee Indonesia, Daniel Minardi, dalam siaran pers yang diterima Republika.co.id, Jumat (15/9/2023).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement