Jumat 15 Sep 2023 07:43 WIB

Lutut Sakit Ketika Naik Tangga? Kenali 4 Penyebabnya

Kenali dulu penyebab sakit lutut sehingga dapat ditentukan pengobatan yang tepat.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Natalia Endah Hapsari
Seseorang mengalami cedera lutut (ilustrasi). Ada banyak jenis cedera lutut yang bisa saja menyerang.
Foto: Dok www.freepik.com
Seseorang mengalami cedera lutut (ilustrasi). Ada banyak jenis cedera lutut yang bisa saja menyerang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-Pernahkah Anda merasa nyeri atau sakit lutut saat menaiki tangga? Berhati-hatilah, mungkin Anda mengalami berbagai masalah kesehatan berikut ini seperti dilansir laman Very Well Health, Jumat (15/9/2023).

Chondromalacia patella (cedera akibat penggunaan berlebihan) dan arthritis adalah dua penyebab paling umum nyeri pada lutut saat menaiki tangga. Cedera ligamen atau kondisi yang dikenal sebagai sindrom nyeri patellofemoral juga bisa menjadi penyebabnya.

Baca Juga

Jika mengalami cedera tersebut, aktivitas sehari-hari yang sederhana seperti menaiki tangga bisa menjadi upaya yang menantang, serta menyebabkan masalah lainnya. Untuk Anda yang sering mengalami masalah tersebut, lebih baik kenali dulu penyebab lutut sakit sehingga dapat berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter untuk pengobatan yang tepat. Berikut di antaranya penyebab lutut sakit:

 

 

1. Chondromalacia Patela

Chondromalacia patella juga disebut "lutut pelari", terjadi ketika tulang rawan halus dan licin yang melapisi bagian belakang tempurung lutut (patella) mulai melunak dan rusak. Jika berfungsi dengan benar, saat lutut ditekuk dan diluruskan, patela akan meluncur ke atas dan ke bawah dalam lekukan di bagian bawah tulang kaki bagian atas (disebut alur femoralis).

Namun penderita chondromalacia patella mengalami peningkatan jumlah gesekan dan gesekan. Gesekan ekstra ini terjadi karena kerusakan tulang rawan dan dapat mengiritasi sendi Anda. 

 

2. Radang sendi

Ketika kerusakan tulang rawan berlanjut, ruang antara tulang-tulang di lutut (tibia, fibula, dan patela) berkurang. Jika hal ini terjadi, kerusakan pada satu atau beberapa di antaranya dapat berkembang, yang disebut artritis. 

 

3. Cedera ligamen

Ada empat ligamen berbeda di lutut yang bisa cedera. Ini termasuk ligamentum cruciatum anterior (ACL), ligamentum cruciatum posterior (PCL), ligamentum kolateral medial (MCL) dan ligamentum kolateral lateral (LCL).

 

4. Sindrom Nyeri Patellofemoral

Sindrom nyeri patellofemoral menggambarkan nyeri tumpul yang terjadi di sekitar tempurung lutut.

Sindrom nyeri patellofemoral dapat menyebabkan nyeri saat Anda beraktivitas atau setelah Anda duduk dengan lutut tertekuk dalam jangka waktu lama. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement