Rabu 13 Sep 2023 13:29 WIB

Pertama Kali, New Jeans Masuk Top 40 Billboard Pop Radio Airplay Chart dengan ‘Super Shy’

New Jeans masuk Top 40 Billboard dengan lagu ‘Super Shy’.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti
Grup K-pop New Jeans. Untuk pertama kali, New Jeans masuk Top 40 Billboard.
Foto: EPA-EFE/YONHAP
Grup K-pop New Jeans. Untuk pertama kali, New Jeans masuk Top 40 Billboard.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Prestasi luar biasa terus menghampiri grup K-pop NewJeans di tangga lagu Billboard pada pekan ini. Billboard mengumumkan, mini album terbaru mereka yang berjudul Get Up telah bertahan di posisi 30 besar chart Top 200 Albums selama tujuh pekan berturut-turut.

Bahkan untuk pekan yang berakhir pada 16 September, Get Up tetap berada kuat di peringkat 28. Dilansir Soompi pada Rabu (13/9/2023), NewJeans mencatat prestasi bersejarah dengan menjadi artis K-pop wanita pertama dalam sejarah, dan artis K-pop kedua secara keseluruhan setelah BTS, yang berhasil mempertahankan albumnya selama tujuh pekan berturut-turut di 30 besar Billboard 200.

Baca Juga

Get Up juga memegang posisi puncak di bagan World Albums Billboard selama enam pekan berturut-turut, yang menjadikannya album girl grup K-pop kedua yang meraih prestasi tersebut, setelah The Album milik Blackpink.

Selain itu, single hit mereka, "Super Shy" membuat debut masuk ke peringkat 38 di chart Pop Airplay Billboard untuk minggu ini, yang menjadi kali pertama bagi grup ini masuk ke dalam bagan tersebut. Chart Pop Airplay mengukur pemutaran mingguan di 40 stasiun radio arus utama teratas di seluruh Amerika Serikat.

Sebelumnya, hanya lima girl group K-pop yang pernah berhasil masuk ke chart Pop Airplay, yaitu Blackpink, Loona, Twice, (G)i-dle, dan Fifty Fifty. NewJeans juga terus mempertahankan posisi tinggi di berbagai tangga lagu Billboard lainnya pada pekan ini.

Get Up tetap berada di peringkat nomor tiga di bagan  Top Current Album Sales dan peringkat nomor empat di bagan Top Album Sales. Selain itu, album tersebut kembali menduduki peringkat nomor lima di bagan Tastemaker Albums. Tidak hanya itu, NewJeans berada di peringkat ke-24 pada bagan Artist 100 minggu ini, yang menandai ke-11 kalinya mereka berada di chart tersebut secara keseluruhan.

Di Global Billboard Excl. US, "Super Shy" menduduki posisi nomor sembilan pada pekan ini, diikuti oleh "ETA" di peringkat nomor 22, "OMG" di peringkat nomor 96, "Ditto" di peringkat nomor 102, "New Jeans" di peringkat nomor 19, dan "Hype Boy" di peringkat nomor 140. Di Global 200, "Super Shy" naik kembali ke posisi 13, diikuti oleh "ETA" di posisi nomor 44, "OMG" di posisi nomor 159, "New Jeans" di posisi nomor 71, dan "Ditto" di posisi nomor 182. Prestasi NewJeans di tangga lagu Billboard semakin memantapkan mereka sebagai salah satu girl group K-pop yang mendominasi panggung musik global saat ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement