Ahad 10 Sep 2023 21:28 WIB

Bintang K-Pop yang Kena Skandal Bullying, Ada yang Akhirnya Keluar dari Grup

Skandal bullying dapat menghancurkan karier idol K-pop.

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti
Kim Garam. Kim Garam menjadi salah satu bintang Korea Selatan yang terlibat kasus dugaan bullying.
Foto: Dok Instagram/@kimgaramkr
Kim Garam. Kim Garam menjadi salah satu bintang Korea Selatan yang terlibat kasus dugaan bullying.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Skandal perundungan (bullying) yang melibatkan idola K-pop kerap bermunculan. Terkadang hal itu membuat para penggemar terkejut dan kecewa. 

Ketika bintang-bintang Korea Selatan berada di bawah tekanan besar untuk menjaga citranya tetap bersih, kontroversi apa pun dapat dengan mudah menghancurkan karier mereka. Saat ini salah satu artis K-pop yang terungkap pernah terlibat kasus bully semasa sekolah adalah Kim Hieora. Pemain “The Glory” itu telah meminta maaf dan mengaku akan menghadapi isu ini dengan jujur.

Baca Juga

Berikut lima skandal lain yang pernah melibatkan selebritas K-pop, seperti dikutip dari berbagai sumber, Sabtu (9/9/2023):

1. Kim Garam dari Le Sserafim

photo
Kim Garam. (ilustrasi) - (Soompi)

 

Tak lama setelah Kim Garam diumumkan akan melakukan debut dengan Le Sserafim pada April 2022, ia diterpa isu telah melakukan perundungan terhadap siswa lain saat di sekolah menengah. Kim Garam telah keluar dari grup Lesserafim dan kontrak eksklusifnya dengan Hybe serta Source Music telah diakhiri. Label rekaman tersebut membagikan pernyataan bersama pada 20 Juli 2022 untuk mengonfirmasi keluarnya Kim dari grup dan rencana mereka untuk girl band K-pop tersebut ke depan.

2. Soojin (G)I-dle

photo
Soojin (paling kanan) keluar dari grup K-pop (G)I-DLE. - (Instagram/@official_g_i_dle)

 

Pada 2021, Soojin (G)I-dle terlibat dalam kontroversi ketika seorang warganet yang diidentifikasi sebagai “A” mengeklaim bahwa Soojin pelaku perundungan semasa sekolah. “A” mengeklaim bahwa Soojin akan memanggil korban dan teman korban ke kamar mandi, kemudian membuat mereka saling menyakiti secara fisik sebelum mengirimkan SMS grup yang menyebut korban sebagai penyendiri dan orang buangan. “A” juga menuduh Soojin memeras uang dari siswa lain, merokok dan mengendarai sepeda motor dengan pria yang lebih tua, menurut artikel Koreaboo.

3. Park Hye-soo

photo
Park Hye-soo. - (Dok KBS2)

 

Pada Oktober 2022, aktris Korea Selatan Park Hye-soo kembali muncul di Festival Film Internasional Busan (BIFF) setelah skandal perundungan di sekolah yang menyebabkan aktris berusia 27 tahun itu istirahat dari aktivitas publik selama satu tahun delapan bulan. Dia dituduh melakukan perundungan pada Februari 2021 oleh mantan teman sekolahnya.

Teman tersebut mengatakan, sang bintang melakukan pelecehan verbal dan penyerangan fisik terhadap mereka di masa sekolah. Sang aktris membantah rumor itu dan agensi mengaku bisa mengambil tindakan hukum.

4. Kim So-hye 

photo
Kim So-hye. - (Dok KBS2)

 

Pada 2021, agensi Kim So-hye pernah meminta penyelidikan polisi seputar tuduhan perundungan di sekolah yang dikaitkan dengan aktris kelahiran 1999 tersebut. Kim So-hye dituduh pernah menjadi pelaku kekerasan di sekolah saat SMP. Kemudian agensi merilis pernyataan baru yang mengungkapkan bahwa pembuat postingan telah mengaku berbohong tentang klaim mereka. 

5. Kim Dong-hee

photo
Kim Dong-hee. - (Dok JTBC)

 

Pada 28 Desember 2021, perwakilan hukum Kim Dong-hee mengatakan dalam pernyataan resmi dari hasil penyelidikan pencemaran nama baik, bahwa Kim Dong-hee tidak bersalah. Pada 12 Januari 2022, Polisi Metropolitan Seoul mengungkap bahwa Kim Dong-hee mengaku melakukan intimidasi terhadap salah satu teman sekelasnya di sekolah menengah.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement