Sabtu 09 Sep 2023 21:58 WIB

Karpet Rumah Bisa Sebarkan Penyakit ke Penghuni, Kok Bisa?

Ahli kesehatan memperingatkan bahwa karpet dapat memengaruhi kesehatan.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Karpet (ilustrasi). Ahli kesehatan memperingatkan bahwa karpet dapat  memengaruhi kesehatan.
Foto: floorcoverings-intl.com
Karpet (ilustrasi). Ahli kesehatan memperingatkan bahwa karpet dapat memengaruhi kesehatan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebelum memasang karpet di rumah, Anda disarankan mempertimbangkan tidak hanya nilai estetika dan finansial saja, tetapi juga bagaimana jenis lantai tersebut dapat berdampak pada kesehatan Anda.

Ahli kesehatan memperingatkan bahwa karpet dapat menyebabkan serangkaian gejala serius yang bisa memengaruhi kesehatan, bahkan mereka yang berada dalam kondisi prima. Apa saja yang dimaksud?

Baca Juga

1. Membuat Anda terpapar asap rokok

Dilansir laman Best Life Online Sabtu (9/9/2023), jika karpet di rumah masih ada saat Anda pindah, karpet tersebut dapat menimbulkan risiko karena terkena asap rokok dari penyewa atau pemilik sebelumnya. “Sebuah penelitian baru-baru ini menemukan bahwa karpet dapat menyerap dan menahan bahan kimia berbahaya, seperti yang ditemukan dalam asap tembakau. Bahkan setelah merokok berhenti, bahan kimia ini tetap bertahan,” ujar seorang dokter umum swasta di Tower Health di Inggris, Phil Green.

Asap tersebut dapat dilepaskan ke udara sekitar sehingga menimbulkan risiko kesehatan bagi orang-orang di sekitar. Paparan asap rokok telah dikaitkan dengan masalah pernapasan dan masalah kesehatan lainnya, sehingga temuan terbaru ini benar-benar mengkhawatirkan.

2. Memerangkap alergen dan kontaminan

"Karpet yang sudah tua atau tidak dirawat dengan baik juga dapat memerangkap alergen dan kontaminan sehingga dapat menurunkan kualitas udara di rumah Anda," kata Naheed Ali, seorang dokter dan penulis medis.

Ia mengatakan karpet dapat memerangkap debu, kotoran, bulu hewan peliharaan, dan alergen sehingga menciptakan lingkungan yang dapat memperburuk kondisi pernafasan seperti asma dan alergi. Partikel-partikel ini dapat terbawa ke udara, menyebabkan kesulitan bernapas dan ketidaknyamanan, terutama bagi individu yang sensitif.

Ali mengatakan dengan menyedot debu secara teratur dan membersihkan karpet secara profesional secara berkala, Anda dapat membantu mengurangi masalah ini. “Sangat penting untuk menjaga rutinitas pembersihan yang tepat untuk mencegah akumulasi partikel yang berpotensi berbahaya pada serat karpet,” katanya.

3. Menampung jamur

Pertumbuhan jamur dan lumut adalah masalah kesehatan lain yang terkait dengan karpet. “Jika kelembapan tidak dikelola secara efektif, kelembapan dapat meresap ke dalam karpet, sehingga menjadi tempat berkembang biaknya jamur dan lumut. Jamur ini melepaskan spora ke udara, yang dapat menyebabkan masalah pernapasan dan reaksi alergi jika terhirup,” kata Ali.

Dokter mengatakan, tingkat kelembapan yang tinggi dan tumpahan yang tidak segera dibersihkan dapat menyebabkan masalah ini. “Untuk meminimalisasi risiko pertumbuhan jamur, pastikan ventilasi yang baik di area berkarpet, segera atasi masalah kelembapan, dan pertimbangkan untuk menggunakan penurun kelembapan jika perlu,” ujarnya.

4. Mengandung bahan kimia berbahaya

Bahkan karpet yang dirawat dengan sempurna pun dapat menyebabkan masalah kesehatan karena bahan kimia yang digunakan selama pembuatan dan pemasangan. Secara khusus, para ahli memperingatkan bahwa mereka dapat melepaskan senyawa organik yang mudah menguap (VOC) ke udara.

“VOC adalah gas yang dikeluarkan oleh berbagai produk, termasuk karpet, perekat, dan pelapis, dan dapat berkontribusi terhadap polusi udara dalam ruangan,” jelas Ali.

Paparan VOC tingkat tinggi dalam waktu lama dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, mulai dari iritasi mata dan tenggorokan hingga gejala yang lebih parah seperti sakit kepala, pusing, dan bahkan kerusakan organ dalam kasus yang ekstrem. Memilih karpet yang telah bersertifikat rendah VOC atau mencari bahan karpet alami dan ramah lingkungan dapat membantu mengurangi kekhawatiran ini.

5. Menyebarkan kuman dan bakteri

Cara lain karpet membuat Anda sakit adalah dengan menjebak dan menyebarkan kuman dan bakteri. Kuman-kuman ini dapat masuk ke rumah Anda melalui sepatu, hewan peliharaan, anak-anak, dan berbagai sumber lainnya, dan lebih sulit dihilangkan dari karpet dibandingkan dengan permukaan padat.

“Kesulitan dalam karpet adalah mudahnya benda-benda hidup, tumbuh, dan menyebar,” ujar Nabil Salib, dokter umum di MyDoc Urgent Care. 

Karpet dapat dengan cepat menjadi tempat pembuangan kuman dan bakteri. Sayangnya, orang-orang kurang membersihkannya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement