Jumat 13 Oct 2023 19:19 WIB

Tips Memilih Karpet Sesuai Kebutuhan Ruangan

Karpet dapat mempertegas desain interior sebuah ruangan.

Ilustrasi penggunaan karpet pada ruangan.
Foto: FIO
Ilustrasi penggunaan karpet pada ruangan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Karpet dapat memberikan tambahan aksen ruangan dan menjadi elemen dekorasi yang mampu menyeimbangkan nilai estetika dan fungsional. Karpet dapat mempertegas desain interior sebuah ruang, membuatnya lebih dari sekedar dekorasi ruangan. 

Okky Sardjono, Direktur FIO Carpet memberikan sejumlah tips dalam memilih karpet agar bisa menjadi nilai tambah di sebuah ruangan. Pemilik perlu cermat dalam memilih karpet yang tepat agar nilai estetika dan fungsional menjadi seimbang. 

Baca Juga

Berikut beberapa cara yang dapat diikuti dalam memilih karpet.

1, Gaya dan motif karpet

Karpet dengan motif tradisional sangat cocok untuk digunakan pada ruangan yang bernuansa tropis. Sedangkan untuk nuansa modern dan minimalis, karpet dengan pola sederhana dan warna netral dapat menjadi pilihan.

2. Warna dan mood

Jika ingin memberikan kesan nyaman pada ruangan, karpet berwarna cokelat, merah maroon, dan kuning dapat menjadi pilihan yang tepat untuk mendukung nuansa tersebut. Sementara warna soft seperti abu-abu, putih, dan beige dapat menjadi pilihan jika ingin memberikan kesan ruangan yang lebih tenang dan elegan.

3. Fungsi dan jenis bahan

Selain aspek estetika, pemilihan karpet juga harus mempertimbangkan kebutuhan fungsional ruangan dan jenis bahan yang sesuai untuk penggunaannya. Selain itu, fungsi karpet juga akan mempengaruhi ukuran yang harus dipilih. 

Bahan karpet seperti polypropylene, polyester, dan acrylic sangat cocok digunakan di ruang makan. Tak hanya mudah dibersihkan dan merawatnya, karpet bahan ini juga dapat diaplikasikan dalam beragam area lainnya. 

Karpet berbahan wool dapat menjadi pilihan untuk ruang tamu. Terakhir, jenis bahan viscose dapat digunakan di area ruang tamu dan kamar tidur, karena teksturnya yang lembut dan halus.

Selain memilih karpet yang tepat sesuai desain dan fungsi ruangan, kualitas karpet juga tidak bisa diabaikan karena dapat memengaruhi usia dari ketahanan karpet tersebut. Di antara hal-hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih karpet kualitas terbaik adalah bahan karpet yang lebih tebal dan empuk karena akan memberikan kenyamanan saat dipijak atau diduduki. Selain itu, kemampuan karpet seperti meredam suara dan membantu menjaga suhu ruangan juga membuktikan karpet yang digunakan berasal dari material terbaik. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement