Rabu 30 Aug 2023 21:50 WIB

Jangan Sampai Cedera, Ini Tips Pilih Sepatu Lari, Ngegym, dan Pound Fit

Sepatu dirancang khusus untuk setiap jenis olahraga demi mencegah cedera.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Reebok meluncurkan campaign FOMO is Dead untuk mengajak konsumen mengenakan sepatunya di segala aktivitas, tidak cuma untuk dipajang atau dikoleksi.
Foto: Dok Reebok Indonesia
Reebok meluncurkan campaign FOMO is Dead untuk mengajak konsumen mengenakan sepatunya di segala aktivitas, tidak cuma untuk dipajang atau dikoleksi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemilihan sepatu yang tepat untuk berolahraga sangatlah penting. Apalagi setiap jenis olahraga, memang memiliki sepatu yang dirancang khusus untuk meningkatkan performa pengguna sekaligus mencegah cedera.

Lantas sepatu seperti apa yang cocok untuk olahraga lari, angkat beban, hingga pound fit? Berikut tips dari Reggie Ramadana selaku Brand Marketing Associate Manager PT Map Aktif Adiperkasa, perusahaan pemegang lisensi Reebok Indonesia.

Baca Juga

 

1. Lari

Reggie menjelaskan bahwa pemilihan sepatu lari akan sangat bergantung pada pelarinya. Bagi pelari pemula, atau mereka yang jarak tempuh larinya kurang dari 5 kilometer, Reggie menyarankan untuk menggunakan sepatu dengan FuelFoam karena memiliki bantalan ringan dan mendukung keseimbangan tubuh ketika berlari.

Sementara itu, bagi pelari maraton, ia menyarankan untuk menggunakan sepatu yang menggunakan floatride energy foam. Selain bantalan ringan, sepatu berteknologi floatride energy juga bisa memberi kenyamanan pada tumit hingga ujung kaki, serta mencegah cedera akibat benturan pada kaki.

 

2. Gym

“Kalau untuk angkat beban yang perlu ditekankan itu sepatu yang solnya cenderung mendatar, dan tidak terlalu fleksibel” kata Reggie saat diwawancarai di PIM, Jakarta Selatan, Rabu (30/8/2023).

Reggie mengatakan bahwa sol datar memungkinkan pengguna merasa lebih terhubung ke lantai, sehingga dapat meningkatkan keseimbangan.

 

3. Pound fit

Menurut Reggie, sepatu yang tepat untuk olahraga pound fit adalah yang memiliki keunggulan dalam hal fleksibilitas. Pasalnya, olahraga yang merupakan kombinasi pilates, kardio, dan light resistance tersebut intensitas gerakannya cukup tinggi.

“Kalau untuk olahraga pound fit, sepatunya kebalikan dari gym tadi. Jadi saya rekomendasiin untuk cari sepatu yang fleksibel dan bantalannya ringan,” kata Reggie.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement