Selasa 07 Feb 2023 13:10 WIB

Barang yang Sebaiknya Jangan Dibeli Secara Online, daripada 'Rugi'

Setidaknya ada 5 barang yang menurut para ahli lebih baik dibeli secara langsung.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
Lima barang yang sebaiknya tidak dibeli secara online. (ilustrasi)
Foto: www.freepik.com
Lima barang yang sebaiknya tidak dibeli secara online. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Belanja online atau daring terkadang dirasakan lebih nyaman. Hanya dengan mengeklik beberapa tombol, barang impian Anda sudah masuk ke keranjang belanjaan.

Meski begitu, pakar belanja mengatakan ada beberapa barang yang sebaiknya tidak dibeli secara daring. Berikut lima barang yang menurut para ahli lebih baik dibeli secara langsung:

Baca Juga

1. Sepatu lari

Beberapa jenis sepatu mungkin bisa dipesan secara daring, tetapi para ahli mengatakan hanya sepatu lari yang tidak boleh. Jika mengenakan ukuran yang salah atau tidak memenuhi kebutuhan pribadi kaki, maka akan berisiko.

 

“Bentuk kaki dan cara mereka menyentuh tanah saat berlari dapat menentukan jenis sepatu lari yang dibutuhkan. Jika membeli secara online, berisiko mengalami pengalaman berlari yang tidak nyaman bahkan bisa sebabkan cedera,” ujar analis konsumen DealNews.com, Katie Roberts, dilansir Best Life, Selasa (7/2/2023).

2. Sepatu hak tinggi

Sepatu hak tinggi adalah jenis sepatu yang paling sulit untuk dipilih. Jadi, tidak masuk akal untuk mempertaruhkan hal itu dengan belanja online. “Sepatu hak tinggi sulit untuk dipasang dan sering membutuhkan pemasangan langsung," kata fashion stylist dari Leather Skin Shop, John Smith.

Membelinya secara online dapat menyebabkan Anda memilih ukuran yang salah, hingga mengakibatkan ketidaknyamanan dan rasa sakit. Saat membeli secara online, Anda tidak bisa mencoba dan menentukan apakah ukurannya pas.

3. Jas

Saat berbelanja jas online, beberapa toko mengizinkan Anda melakukan pengukuran sendiri sehingga dapat disesuaikan dengan ukuran. Ini mungkin menarik, tetapi Smith mengatakan, Anda akan merasa lebih cocok jika mendatangi langsung ke tokonya, di mana para ahli dan stylist dapat membantu.

Setelan yang disesuaikan membutuhkan pengukuran yang tepat dan harus dilakukan secara langsung. Karena setelan yang disesuaikan memiliki beberapa opsi penyesuaian, penting untuk mencoba setelan tersebut agar mendapatkan kesesuaian yang sempurna.

4. Bra

Banyak gaya bra dan cara pemasangannya yang berbeda, sangat sulit untuk membeli bra secara online dan benar-benar puas dengannya. Seandainya pun menemukan ukuran yang pas, Anda tidak akan tahu bagaimana rasanya ketika dipakai.

Bahkan jika Anda yakin dengan ukuran bra, seorang penulis dan editor di The Budget Fashionista, Catherine Brock, merekomendasikan untuk pergi ke toko untuk diukur secara profesional. “Rasa bra dapat menentukan tingkat kenyamanan sepanjang hari, jadi penting untuk mendapatkan bra yang pas. Banyak bra juga dijual secara online karena sifat fungsinya, jadi jika tidak pas, Anda hanya membuang-buang uang,” kata dia.

5. Baju renang

Melihat pakaian renang online bisa lebih menyenangkan daripada benar-benar mencobanya di toko. Tapi jika menginginkan baju renang yang pas di tubuh, sebaiknya jangan memesannya secara online.

“Baju renang adalah salah satu dari item yang tidak boleh dibeli secara online, karena potongan setelannya dapat berubah secara signifikan tergantung merek dan gayanya, dan tidak semua penjual akan menerima pengembalian,” ujar pendiri dan direktur kreatif di Model Chic, Raine Gui.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement