Kamis 24 Aug 2023 17:44 WIB

Penonton Ini tak Mau Lihat Adegan Seks di Oppenheimer Tapi Malah Dihujat, Mengapa?

Film Oppenheimer menandai adegan seks pertama di film Christipher Nolan.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Salah satu adegan dalam film Oppenheimer. Salah satu penonton mengaku menghindari adegan seks di film Oppenheimer.
Foto: Dok Universal Pictures
Salah satu adegan dalam film Oppenheimer. Salah satu penonton mengaku menghindari adegan seks di film Oppenheimer.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seorang pengguna Tiktok bernama Jourdan dengan akun @thatsnotlove membagikan video berisi cara menghindari adegan seks yang ada di film Oppenheimer. Namun, dia justru "dihujat" warganet karena ulasannya tersebut.

Semula, Jourdan menanggapi pertanyaan dari seorang penikmat film perempuan. Penikmat film itu hendak menonton Oppenheimer bersama suaminya, tetapi mereka "takut" melihat adegan telanjang Jean Tatlock (Florence Pugh) yang dibicarakan semua orang.

Baca Juga

Menanggapi itu, Jourdan menyarankan penonton menutup matanya selama momen-momen bernuansa seksual dalam film. Di luar negeri, Oppenheimer berlabel "Restricted" (R), yang artinya penonton di bawah 17 tahun harus didampingi orang tua atau orang dewasa.

Dikutip dari laman MovieWeb, Kamis (24/8/2023), reaksi warganet terhadap video Jourdan yang menyarankan menutup mata itu sebagian besar negatif. Banyak yang bertanya mengapa ketelanjangan dalam film diperlakukan sebagai masalah besar.

Sementara, film memang berlabel dewasa di negara-negara tersebut. Pengguna Twitter Bethany alias @fiImgal turut berkomentar. "(Jika melakukan itu), orang-orang akan kehilangan alur cerita sepenuhnya," ungkap Bethany, yang menyebut dia tidak habis pikir dengan ide tersebut.

Oppenheimer menandai adegan seks pertama dalam film garapan sutradara Christopher Nolan, selain menjadi film berperingkat R berikutnya sejak Insomnia rilisan 2002. Namun, di sejumlah negara, termasuk Indonesia, film memiliki peringkat 13 plus. Itu karena adegan telanjang aktris Florence Pugh mengalami penyensoran dengan CGI, yang membuatnya terlihat masih mengenakan pakaian.

Selain Pugh, film dibintangi Cillian Murphy sebagai fisikawan J Robert Oppenheimer, sosok yang di dunia nyata dikenal sebagai sebagai "bapak bom atom". Pemeran lain termasuk Emily Blunt, Robert Downey Jr, Matt Damon, Devon Bostick, Rami Malek, dan Jack Quid.

Sejak dirilis, Oppenheimer terbilang sukses, baik secara komersial maupun berdasarkan penilaian kritikus. Sinema biografi sejarah tersebut didasarkan pada novel berjudul American Prometheus: The Triumph and Tragedy of J Robert Oppenheimer. 

Sebelumnya, Nolan pernah mengungkap alasan mengapa dia memasukkan adegan seks dalam film terbarunya. Menurut Nolan, adegan tersebut adalah bagian penting dari cerita, yang bisa membuat penonton memahami sosok Oppenheimer seutuhnya.

"Ketika Anda melihat kehidupan Oppenheimer dan Anda melihat riwayatnya, aspek kehidupannya, aspek seksualitasnya, caranya berhubungan dengan perempuan, pesona yang ia pancarkan, itu adalah bagian penting dari kisah," ujar Nolan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement