Selasa 22 Aug 2023 21:49 WIB

Dapat Black Ocean di Acara Musik KCON, Tamparan Keras untuk Rain?

Rain mendapat black ocean dari penonton acara musik KCON LA 2023.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Penyanyi dan aktor asal Korea Selatan, Rain. Saat tampil di acara musik KCON LA 2023, Rain mendapatkan black ocean. (ilustrasi)
Foto:

Selain membuat para idol K-pop patah semangat, lautan seperti itu juga bisa dianggap sebagai titik hitam karier para idol. Alasan mengapa black ocean terkadang terjadi akibat persaingan antar-fandom. Dalam acara musik ang menampilkan banyak grup, penggemar dari satu grup, pada masa lalu, memilih untuk mematikan light stick mereka, sehingga membuat stadion diselimuti kegelapan. Bahkan perang antargrup penggemar dan kehadiran penggemar penyanyi solo telah menghasilkan momen-momen kegelapan ini.

Di industri K-pop bukan cuma Rain yang mendapatkan black ocean. Mereka yang pernah mendapat black ocean di antaranya BTS, Girls' Generation, Seventeen, Lovelyz, dan T-ARA. BTS bahkan pernah mendapatkan dua kali black ocean.

Mereka pertama kali mengalami black ocean yang terkenal di Golden Disk Awards 2016. Pada saat itu, dengan meningkatnya popularitas BTS, black ocean diduga dimulai sebagai perang penggemar pembalasan dengan penggemar grup EXO, dengan kedua belah pihak saling menyalahkan. Perang penggemar berlanjut di Melon Music Awards 2016, di mana BTS sekali lagi tampil di depan black ocean yang hanya diterangi oleh light stick penggemarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement