Kamis 24 Aug 2023 02:02 WIB

Kisah Pilu BTS, 2 Kali Dapat Black Ocean Hingga Akhirnya Dikenal Dunia

BTS pernah mendapatkan black ocean 2 kali pada tahun 2016.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Grup K-pop BTS. Ketika merintis karier, BTS pernah mendapatkan 2 kali black ocean.
Foto: Dok BigHit Music
Grup K-pop BTS. Ketika merintis karier, BTS pernah mendapatkan 2 kali black ocean.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Topik black ocean muncul kembali di antara fandom K-pop baru-baru ini setelah penyanyi Rain tampil di acara musik KCON LA 2023. Ketika di atas panggung, Rain mendapatkan black ocean dari para penonton.

Black ocean yang diterima Rain adalah protes terorganisasi untuk seorang artis selama pertunjukan mereka, di mana penonton mematikan light stick, membuat area penonton benar-benar gelap. Oleh karena itu dinamakan black ocean.

Baca Juga

Dilansir Koreaboo pada Rabu (23/8/2023), tak hanya Rain yang mendapatkan black ocean. Beberapa musisi K-pop juga pernah memperolehnya, salah satunya BTS. 

Melihat popularitas BTS saat ini, mungkin sulit rasanya membayangkan dulu grup tersebut mendapatkan black ocean bahkan hingga dua kali. Kedua insiden tersebut terjadi pada 2016 ketika BTS sedang mempromosikan "Wings".

Selama Golden Disk Awards 2016, BTS harus tampil di depan black ocean meskipun popularitas mereka meningkat. Black ocean diduga dimulai sebagai perang balasan penggemar dengan penggemar EXO, dengan kedua belah pihak yang saling menyalahkan.

Sentimen yang sama juga disampaikan pada Melon Music Awards 2016 di mana BTS kembali menerima black ocean selama penampilan live mereka, dengan hanya Army yang mengangkat light stick mereka di hadapan penonton.'

Namun peristiwa kelam itu tidak pernah mematahkan semangat dan harapan grup tersebut untuk menjadi normor satu di industri K-pop. BTS satu demi satu mencapai tonggak bersejarah di panggung dunia.

Pada tahun-tahun berikutnya, BTS tampil di banyak acara penghargaan di luar negeri, termasuk American Music Awards, Billboard Music Awards dan Grammy, dan para penggemar selalu hadir, memastikan tidak pernah kekurangan Army Bombs saat mereka tampil. Tak berlebihan jika BTS menjadi grup K-pop nomor satu di industri hiburan Korea saat ini.

Seperti diberitakan sebelumnya, dilansir laman Sportskeeda pada Rabu (23/8/2023), black ocean adalah tren yang populer di mana penonton mematikan light stick dan ponsel mereka untuk menunjukkan kurangnya dukungan terhadap artis atau grup tertentu yang tampil di atas panggung. Light stick yang dimatikan membuat bagian penonton yang biasanya terang menjadi gelap, memberikan ilusi "lautan hitam" atau black ocean.

Selain membuat para idola patah semangat, lautan seperti itu juga dianggap sebagai titik hitam permanen dalam karier para idola. Alasan mengapa black ocean terjadi biasanya persaingan antar-fandom. Dalam konser yang menampilkan banyak grup, penggemar dari satu grup, pada masa lalu, memilih untuk mematikan light stick mereka, sehingga membuat stadion diselimuti kegelapan. Bahkan perang antar grup penggemar dan kehadiran penggemar penyanyi solo telah menghasilkan momen-momen kegelapan ini.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement