Rabu 23 Aug 2023 17:34 WIB

Grup K-Pop yang Pernah Dapat 'Mimpi Buruk' Black Ocean, BTS Hingga 2 Kali

Black ocean dianggap sebagai titik hitam karier grup K-pop.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Qommarria Rostanti
Grup K-pop BTS. BTS menjadi salah satu grup K-pop yang mengalami black ocean, bahkan hingga dua kali.
Foto: Dok. BigHit Entertainment
Grup K-pop BTS. BTS menjadi salah satu grup K-pop yang mengalami black ocean, bahkan hingga dua kali.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada berbagai cara bagi penggemar K-pop dalam menunjukkan apresiasi mereka terhadap idolanya selama pertunjukan musik, salah satunya melalui light stick.

Setiap grup penggemar K-pop memiliki light stick. Saat dinyalakan, banyaknya light stick sering kali menerangi panggung dalam cahaya warna-warni (ocean of light). Venue yang menyala sering kali menjadi ukuran popularitas grup K-pop.

Baca Juga

Namun, penonton sering menggunakan perangkat yang sama untuk menyuarakan ketidaksenangan mereka terhadap pertunjukan tersebut. Inilah yang disebut black ocean, kebalikan dari ocean of light.

Dilansir laman Sportskeeda, Rabu (23/8/2023), black ocean adalah tren yang populer di mana penonton mematikan light stick dan ponsel mereka untuk menunjukkan kurangnya dukungan terhadap artis atau grup tertentu yang tampil di atas panggung. Light stick yang dimatikan membuat bagian penonton yang biasanya terang menjadi gelap, memberikan ilusi "lautan hitam" atau black ocean.

 

Selain membuat para idola patah semangat, lautan seperti itu juga dianggap sebagai titik hitam permanen dalam karier para idola. Yang terbaru, black ocean terjadi kepada Rain di acara musik KCON LA 2023.

Alasan mengapa black ocean terjadi biasanya persaingan antar-fandom. Dalam konser yang menampilkan banyak grup, penggemar dari satu grup, pada masa lalu, memilih untuk mematikan light stick mereka, sehingga membuat stadion diselimuti kegelapan. Bahkan perang antar grup penggemar dan kehadiran penggemar penyanyi solo telah menghasilkan momen-momen kegelapan ini.

Berikut ini adalah lima grup K-pop yang mengalami black ocean:

1. Girls’ Generation

photo
Girls Generation - (koreaboo)

 

Grup perempuan besutan SM Entertainment ini adalah salah satu grup paling awal yang terkena black ocean di Dream Concert 2008. Konser ini merupakan salah satu konser tahunan terbesar di Korea yang selalu menghadirkan deretan artis populer.

Meskipun Girls’ Generation menjadi salah satu grup perempuan K-pop paling ikonik, ketika mereka debut tahun 2007, grup ini mendapat reaksi keras karena hubungan mereka dengan beberapa artis pria SM Entertainment. Diduga sebelum Dream Concert, bahkan terjadi adu fisik antara penggemar Girls’ Generation dan penggemar Super Junior sehingga memperparah perseteruan antar-fandom.

Dilansir Koreaboo, saat Girls’ Generation naik ke atas panggung, penggemar artis lain mematikan light stick mereka selama 10 menit penampilan mereka. Seolah black ocean saja belum cukup, penggemar artis lain diduga meneriakkan nama Wonder Girls untuk semakin menyakiti Girls’ Generation.

2. Seventeen

photo
Boy band Korea Selatan, Seventeen. - (Soompi)

 

Seventeen adalah grup pendatang baru ketika mereka tampil di Mnet Asian Music Awards 2015 (juga dikenal sebagai MAMA). Pada saat itu, Seventeen belum merilis light stick, dan sementara beberapa penggemar artis lain menggunakan light stick mereka untuk menyemangati grup pendatang baru tersebut, sebagian besar mematikan light stick mereka sehingga menciptakan black ocean lainnya. Namun, terlepas dari semua kesulitan yang dihadapi Seventeen selama karier mereka, mereka jelas telah menjadi grup yang sangat sukses karena musik dan penampilan mereka yang luar biasa.

3. Lovelyz

photo
Grup K-pop Lovelyz. - (Dok EPA/YONHAP SOUTH KOREA OUT)

 

Grup perempuan pertama Woollim Entertainment, Lovelyz, mengalami banyak kesulitan selama mereka bersama. Salah satu dari delapan anggota, Jisoo, tidak dapat debut dengan Lovelyz karena kontroversi rumor jahat yang tersebar tentangnya.

Jisoo secara resmi ditambahkan ke lineup Lovelyz untuk album 2015 mereka, Lovelyz8. Namun, sebagai respons terhadap masuknya Jisoo ke dalam grup meskipun ada kontroversi, penggemar Lovelyz memberikan black ocean untuk penampilan mereka di konser Pepsi 2015. Diduga, beberapa penggemar Lovelyz bahkan meminta kerja sama dari penggemar artis lain dalam menciptakan black ocean yang tidak menyenangkan.

4. T-ARA

photo
Girlband Korea Selatan, T-ara - (EPA)

 

Pada 2012 World Conservation Congress K-Pop Nature+ Concert, para penggemar tampaknya menyuarakan ketidaksenangan mereka terhadap Hwayoung yang meninggalkan T-ARA dengan tidak hanya menciptakan black ocean tetapi juga dengan diduga menyebut nama Hwayoung alih-alih nyanyian penggemar tradisional. Membuktikan bahwa mereka mampu menanggung kesulitan apa pun, T-ARA bahkan melakukan comeback pada akhir tahun 2021 setelah jeda yang tidak ditentukan.

5. BTS

photo
Grup K-pop BTS. - (Dok BigHit Music)

 

Meskipun BTS telah menjadi salah satu artis musik global paling populer, mereka harus menanggung dua black ocean yang berbeda. Mereka pertama kali mengalami black ocean yang terkenal di Golden Disk Awards 2016.

Pada saat itu, dengan meningkatnya popularitas BTS, black ocean diduga dimulai sebagai perang penggemar pembalasan dengan penggemar grup EXO, dengan kedua belah pihak saling menyalahkan. Perang penggemar berlanjut di Melon Music Awards 2016, di mana BTS sekali lagi tampil di depan black ocean yang hanya diterangi oleh light stick penggemarnya.

 

 

 

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement