Sabtu 19 Aug 2023 16:49 WIB

Tips Tidur Nyenyak di Pesawat: Jangan Pilih Kursi Dekat Toilet, Mengapa?

Selain kursi, rutinitas pratidur penting dilakukan penumpang agar tidur nyenyak.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti
Penumpang tertidur di pesawat (ilustrsi). Ada beberapa tips agar penumpang dapat tidur nyenyak di pesawat.
Foto: Dok. www.freepik.com
Penumpang tertidur di pesawat (ilustrsi). Ada beberapa tips agar penumpang dapat tidur nyenyak di pesawat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagian penumpang mungkin mengalami kesulitan tidur saat bepergian dengan pesawat. Jangan khawatir, mulai sekarang Anda dapat memperbaikinya.

Para pramugari berbagi tips mengenai kursi terbaik yang bisa Anda pilih jika berniat tidur di pesawat. Menurut seorang pramugari maskapai penerbangan internasional Etihad, Lieche Klaasens, kunci mendapatkan tidur yang cukup di pesawat adalah dengan memilih kursi yang tepat.

Baca Juga

Dia merekomendasikan memilih kursi dekat jendela untuk "meminimalisasi gangguan" selama penerbangan dan menciptakan lingkungan yang tenang untuk beristirahat. "Secara pribadi, saya selalu memilih tempat duduk dekat jendela karena memberikan dinding yang kokoh untuk bersandar dan meminimalkan gangguan dari tamu lain," kata Klaasens kepada 9Trave, dilansir laman Mirror, Sabtu (19/8/2023).

Dinding di samping kursi memberikan dukungan untuk tubuh dan kepala sehingga menghindari gangguan tak terduga saat tertidur. Selain memilih kursi, pemilihan pakaian juga berperan penting. Klaasens menyarankan mengenakan pakaian longgar, nyaman, dan ringan. Hindari jeans atau jaket yang kaku. Memakai penutup mata dan memilih pakaian yang memblokir cahaya buatan juga dapat membantu.

Seorang pramugari dari Inggris, Erin Gibson, menekankan pentingnya rutinitas pratidur. Dia merekomendasikan aktivitas dengan memilih beberapa film atau acara TV untuk menemani waktu, regangkan kaki sebanyak mungkin, dan persiapkan kaus kaki, penutup mata, dan selimut untuk tidur yang nyaman.

“Bacalah buku favorit yang akan membantu Anda merasa lebih lelah dan siap tidur," ujar Erin.

Bagian dari awak kabin Australia, Claire Smalhorn menyarankan untuk membawa botol air pribadi dan memilih teh herbal daripada kopi atau alkohol. Ahli penerbangan ini juga menyarankan bermeditasi untuk merilekskan diri.

Pakar tidur dari MattressNextDay, Martin Seeley mengungkapkan kursi yang ideal untuk tidur. Hindari kursi dekat toilet karena itu tempat orang sering berbicara. Pilihlah kursi di baris yang sama dengan sayap. Biasanya, ini adalah area yang lebih tenang dan memiliki lebih banyak ruang kaki karena dekat pintu darurat.

Seeley juga merekomendasikan duduk di bagian depan pesawat pada penerbangan jarak jauh karena Anda akan diberi makan lebih awal dan turun pertama kali, cocok bagi yang ingin tidur.

Sebelum naik pesawat, beberapa langkah juga bisa diambil untuk memastikan tidur nyenyak. "Pergi ke bandara lebih awal bukan hanya menghindari keterlambatan, tetapi juga meningkatkan kualitas tidur,” kata Seeley.

Seeley mengatakan berjalan selama 30 menit sebelum naik pesawat dapat meningkatkan kualitas tidur. Penelitian menunjukkan wanita yang aktif juga memiliki tidur yang lebih baik dan lebih puas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement