Jumat 04 Aug 2023 20:11 WIB

Pilot Ini Sentil Kelakuan Penumpang di Pesawat, Bahas Soal Pramugari Hingga Sandaran Kursi

Pilot American Airlines dipuji karena 'nasihat' jujurnya untuk penumpang pesawat.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Pilot pesawat (ilustrasi). Kapten maskapai Amwerican Airlines dipuji warganet karena kejujurannya yang berani menyentil etika penumpang di pesawat.
Foto: pixabay
Pilot pesawat (ilustrasi). Kapten maskapai Amwerican Airlines dipuji warganet karena kejujurannya yang berani menyentil etika penumpang di pesawat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seorang kapten maskapai penerbangan American Airlines dipuji karena pengumuman jujurnya tentang etiket pesawat yang dia berikan kepada penumpangnya sebelum penerbangan. Rekaman penerbangan dibagikan ke Instagram pada 26 Juli 2023 oleh penumpang pesawat dan komedian, Anna Leah Maltezos.

Dalam video tersebut, kapten terdengar melalui interkom pesawat memulai pidatonya dengan mendorong penumpang untuk memperlakukan pramugari dengan baik. Dia juga bercanda bahwa keinginannya adalah fokus utama karyawan maskapai.

Baca Juga

“Ingat pramugari terutama ada di sini untuk keselamatan Anda, setelah itu mereka akan membuat penerbangan Anda lebih menyenangkan,” katanya seperti dilansir laman Independent, Jumat (4/8/2023).

Dia mengatakan, pramugari akan menjaga kalian, tetapi Anda perlu mendengarkan apa yang mereka katakan karena mereka mewakili keinginan kapten di kokpit atau di kabin. "Dan kehendak saya adalah yang terpenting," kata dia.

 

Dia melanjutkan nasihatnya dengan mendorong penumpang untuk bersikap baik dan menghormati satu sama lain. “Kamu orang harus memperlakukan orang seperti kamu ingin diperlakukan. Tapi saya harus mengatakannya setiap penerbangan karena orang tidak melakukannya. Mereka egois dan kasar," ujarnya.

Kapten tersebut kemudian memberi tahu penumpang untuk memastikan bahwa mereka menyimpan barang bawaan mereka dengan baik. Setelah itu, kapten menekankan supaya penumpang membuang sampah di tempatnya. Dia juga melanjutkan dengan membuat daftar hal-hal yang tidak boleh dilakukan orang di pesawat.

“Semua orang membayar untuk sebuah tempat. Jangan bersandar pada orang lain. Jangan sampai tertidur di atas orang lain,” katanya. 

Dia juga meminta penumpang tidak berbicara di telepon dengan suara keras apalagi menggunakan pengeras suara. Termasuk, jangan memutar video dengan volume full.

"Tidak ada yang mau mendengar video Anda. Saya tahu Anda pikir itu sangat manis. Mungkin begitu, tapi itu urusanmu, kan? Jadi simpan itu untuk dirimu sendiri," ujarnya.

Terakhir, kapten berteriak kepada penumpang yang berada di kursi tengah dan menyuruh mereka mengangkat tangan. Tampaknya hanya beberapa kursi tengah yang mengangkat tangan karena kapten mengeklaim dia hanya melihat lima penumpang yang mengangkat tangan. Dia menyindir bahwa tidak ada yang mendengarkan.

Namun, karena dia mengakui kondisi penumpang di kursi tengah cukup "menyedihkan" maka dia memberikan tawaran yang baik kepada penumpang tersebut dengan mengatakan, “Anda memiliki kedua sandaran tangan. Itu adalah hadiahku untukmu. Selamat datang di pesawat kami," kata dia.

Di latar belakang video, ada beberapa reaksi bingung terhadap pidato tersebut, dengan beberapa penumpang terdengar berkata, "Apa yang terjadi?".

Pada 3 Agustus, video Instagram tersebut telah ditonton lebih dari 4,6 juta kali dengan banyak pengguna media sosial yang memuji kapten maskapai tersebut atas ucapannya yang terus terang dan lucu. “Tidak salah baginya untuk mengatakan ini, itu berarti dia sudah muak dengan semua orang dewasa yang kekanak-kanakkan," tulis salah satu warganet.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement