Kamis 17 Aug 2023 14:20 WIB

Polisi Korea Selatan Duga Lebih dari 300 Film Box Office Manipulasi Total Jumlah Penonton

Film thriller aksi Emergency Declaration termasuk di daftar periksa.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Film Emergency Declaration besutan sutradara Han Jae-rim tayang 16 Agustus 2022 di bioskop
Foto:

Film yang dibintangi oleh Song Kang-ho, Jeon Do-yeon, dan Lee Byung-hun tersebut melakukan pemutaran perdana di Cannes pada Juli 2021, tetapi perilisan komersialnya di bioskop Korea oleh distributor Showbox berulang kali ditunda. Film ini akhirnya tayang di bioskop pada Agustus 2022.

Menurut data yang masih tersedia di situs Kobis, film ini terjual 2,06 juta tiket dengan pendapatan kotor sebesar 15,7 juta dolar AS. Membesar-besarkan angka box office bisa menjadi taktik yang digunakan untuk membuat film tampak lebih sukses daripada yang sebenarnya.

Dalam jangka pendek, framing bahwa sebuah film ditonton banyak orang dapat meningkatkan minat dan rasa penasaran calon penonton lain. Itu juga akan mendorong eksibitor menayangkan film tersebut di lebih banyak bioskop, sehingga mengubah kesuksesan palsu menjadi kesuksesan yang sesungguhnya.

Dalam jangka panjang, angka box office yang meningkat dapat memicu biaya yang lebih tinggi ketika sebuah film dilisensikan untuk TV, streaming, dan kinerja pasar tambahan. Dugaan manipulasi penjualan tiket juga terjadi pada saat bisnis bioskop sangat terganggu oleh pandemi Covid-19.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement