Kamis 17 Aug 2023 06:27 WIB

Dari Kuning, Hijau, Hingga Cokelat, Warna Upil Tunjukkan Kondisi Kesehatan

Upil sebenarnya merupakan ingus yang mengering.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Pria membuang ingus. (Ilustrasi) Upil sebenarnya ialah ingus yang mengering. Warnanya bisa menjadi pertanda kondisi kesehatan.
Foto:

Hijau

Upil berwarna hijau bisa menandakan bahwa infeksi berat sedang terjadi. Dalam kondisi ini, orang dengan upil yang hijau mungkin mengalami gejala seperti demam. Sebaiknya, segera periksakan diri ke dokter.

Putih

Upil dengan warna putih dapat menandakan adanya infeksi hidung atau pilek. Tak jarang, kemunculan upil yang putih diikuti dengan gejala seperti hidung bengkak atau mampat.

Warna putih muncul karena peradangan jaringan bisa membuat aliran ingus atau lendir di hidung jadi melambat. Akibatnya, ingus menjadi lebih kental dan keruh.

Merah atau Cokelat

Kondisi ini mengindikasikan adanya darah di dalam upil. Warna upil yang merah sepenuhnya mungkin berkaitan dengan mimisan, sedangkan bercak merah atau warna merah muda pada upil mungkin bukan disebabkan oleh masalah besar. Bisa jadi bercak merah atau warna merah muda tersebut disebabkan oleh iritasi pada lapisan hidung.

Di sisi lain, warna cokelat juga dapat menandakan adanya darah yang sudah lama di dalam ingus. Warna ini pun bisa mengindikasikan adanya pneumonia akibat bakteri atau kondisi serius lain yang perlu diperiksakan segera ke dokter.

Kapan Sebaiknya ke Dokter?

Pada sebagian besar kasus, upil yang berwarna disebabkan oleh pilek biasa. Namun, bila merasa khawatir karena mengalami beberapa gejala lain, tak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement