Selasa 15 Aug 2023 10:07 WIB

Warga Jabodetabek Jangan Heran, Sejauh Ini Dampak Polusi Udara pada Kesehatan Kulit

Kualitas udara yang buruk juga dapat berdampak pada kesehatan kulit.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Kulit gatal (Ilustrasi). Partikel polusi udara juga bisa berdampak pada kulit.
Foto: Dok Republika
Kulit gatal (Ilustrasi). Partikel polusi udara juga bisa berdampak pada kulit.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kualitas udara Jabodetabek dilaporkan semakin menurun dari hari ke hari. Sejauh apa polusi udara dapat berdampak pada kesehatan kulit?

Dokter spesialis kulit, kelamin, dan estetik Arini Astasari Widodo menjelaskan bahwa tubuh bisa menghadapi beberapa bahaya akibat kualitas udara yang memburuk. Partikel-partikel polusi udara, termasuk debu dan zat kimia berbahaya, dapat terhirup dan masuk ke dalam tubuh melalui saluran pernapasan.

Baca Juga

"Ini dapat menyebabkan gangguan pernapasan dan memperburuk kondisi seperti asma," kata dokter Arini dalam keterangan tertulis kepada Republika.co.id, dikutip Selasa (15/8/2023).

 

Dokter Arini yang lulusan Harvard Medical School itu menjelaskan partikel polusi juga bisa berdampak pada kulit. Partikel-partikel tersebut dapat menyebabkan reaksi peradangan, gatal-gatal, kemerahan, dan bahkan masalah kulit seperti dermatitis atau eksim.

Dampak polusi udara memang bisa meluas hingga ke kulit. Berikut adalah beberapa penyakit kulit umum yang dapat disebabkan atau dipicu oleh polusi.

1. Jerawat dan memperburuk ruam yang sudah ada

Partikel-partikel halus dan polutan dapat menempel pada permukaan kulit, menyebabkan pori-pori tersumbat, dan terjadi peningkatan produksi sebum. Selain itu, polutan dapat berinteraksi dengan radiasi UV untuk menghasilkan radikal bebas, yang berkontribusi pada peradangan dan memperburuk lesi jerawat.

2. Individu dengan dermatitis atopik semakin rentan

Polutan dapat mengganggu fungsi barrier kulit, menyebabkan kehilangan air yang lebih tinggi dan kering. Hal ini dapat memicu atau memperburuk serangan eksim, menyebabkan kemerahan, gatal, dan ketidaknyamanan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement