Senin 14 Aug 2023 00:05 WIB

Dua Posisi Tidur yang Direkomendasikan untuk Kesehatan Tulang Belakang

Posisi tidur menjadi faktor lain dalam menjaga kesehatan tulang belakang.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Reiny Dwinanda
Seorang wanita tidur menggunakan penutup mata atau masker mata (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Seorang wanita tidur menggunakan penutup mata atau masker mata (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bekerja dengan postur membungkuk di depan layar selama berjam-jam setiap hari hingga kurang olahraga bisa menjadi pemicu masalah umum sakit punggung. Namun, tampaknya cara tidur bisa menjadi faktor lain dalam menjaga kesehatan tulang belakang.

Begitu merangkak ke tempat tidur setelah hari yang panjang, Anda mungkin tertarik pada posisi yang terasa paling nyaman. Apalagi, tidak ada cara untuk menjamin Anda tidak akan mengubah posisi Anda secara alami setelah tertidur lelap.

Baca Juga

Tetapi, menurut James Leinhardt, pendiri Levitex, merek bantal dan kasur yang berfokus pada kesehatan tulang belakang, memulai dengan posisi yang benar dapat berdampak signifikan pada tulang belakang Anda. Leinhardt menghabiskan lebih dari satu dekade bekerja bersama orang-orang dengan cedera kritis dan yang sakit kronis untuk meningkatkan kualitas tidur mereka.

Dikutip dari Express, Ahad (13/8/2023), berdasarkan pengalamannya, dia menggunakan TikTok dan merekomendasikan untuk memilih dua posisi tidur “ajaib”, yaitu posisi tidur "pengkhayal" dan "tentara".

Posisi pengkhayal menyerupai posisi janin. Posisi tidur ini mengharuskan Anda untuk berbaring miring dengan lutut sedikit terangkat dan lengan di depan Anda.

Leinhardt menambahkan bahwa Anda juga dapat meletakkan bantal di antara kedua lutut untuk penyangga tambahan, tetapi ini opsional. Leinhardt menjelaskan bahwa posisi ini memiliki ketegangan paling sedikit pada tulang belakang.

Sementara itu posisi tentara pada dasarnya hanya berbaring telentang. Posisi tidur ini membantu mendistribusikan berat badan Anda secara merata.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement