Rabu 09 Aug 2023 22:44 WIB

Band di Indonesia Sulit Regenerasi, Ajang Pencarian Band Baru Digelar, Tertarik Ikut?

Beberapa tahun terakhir, tak banyak band baru yang muncul dan populer di Indonesia.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Radio Gen 98.9 FM bersama Musica Studios, NET TV, dan Vidio, memperkenalkan program kolaborasi terbaru yakni Generasi Anak Band, dalam konferensi pers di Habitate, Jakarta, Rabu (9/8/2023).]
Foto: Republika/Gumanti
Radio Gen 98.9 FM bersama Musica Studios, NET TV, dan Vidio, memperkenalkan program kolaborasi terbaru yakni Generasi Anak Band, dalam konferensi pers di Habitate, Jakarta, Rabu (9/8/2023).]

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Radio Gen 98.9 FM berkolaborasi dengan Musica Studios, NET TV, dan Vidio akan menggelar program pencarian bakat, Generasi Anak Band. Ajang ini akan mencari dan melahirkan band-band baru yang potensial guna meramaikan industri musik Tanah Air.

Presiden Director Gen 98.7 FM, Adrian Syarkawie, mengatakan ide membuat program ini dilatarbelakangi oleh kegelisahannya tentang regenerasi band yang seolah terputus. Dia berpandangan, dalam beberapa tahun terakhir, tidak banyak band baru yang muncul dan kemudian populer.

Baca Juga

“Sehingga akhirnya kalau ada event besar tuh band-nya yang muncul itu lagi, itu lagi. Band barunya enggak kelihatan,” kata Adrian dalam konferensi pers Generasi Anak Band di Habibate Jakarta, Rabu (9/8/2023).

Adrian percaya, saat ini ada banyak band anak negeri yang berkualitas dari segi musik, di mana mereka umumnya merilis karya melalui platform digital. Akan tetapi menurut Andrian, tetap saja karya itu perlu dikemas dengan strategi promosi yang matang.

“Mungkin memang faktor dari sisi digital yang berkembangnya begitu luar biasa sehingga band-band itu kebanyakan bikin lagu terus lempar ke digital. Tapi kan untuk mengembangkan band itu enggak cukup sampai di situ,” kata Adrian.

Untuk itulah, Generasi Anak Band dibentuk dengan harapan bisa memberikan wadah yang lebih besar dan terarah bagi talenta band untuk unjuk kebolehan. Audisi Generasi Anak Band akan digelar secara offline di Jakarta dan Surabaya. Meskipun terpusat di dua kota besar, namun audisi ini terbuka untuk semua band dari berbagai daerah di Indonesia.

Managing Director PT Musica Studio, Gumilang Ramadhan, mengatakan semua genre band diperbolehkan untuk mendaftar. “Genrenya juga tidak dibatasi, yang penting harus punya ciri khas, kredibilitas dan dedikasinya tinggi,” kata Gumilang

Selama program berlangsung, para peserta juga berkesempatan untuk mendapatkan bekal wawasan dari para ahli dan pemain senior. Dengan begitu, setiap band diharapkan tak hanya aktif berkarya namun juga dapat mengelola dan menjaga dinamika kerjasama tim untuk memajukan industri musik Indonesia.  

Tak sebatas pencarian bakat, Generasi Anak Band diharapkan dapat menggerakkan gairah industri musik khususnya band dari segala kalangan masyarakat Indonesia. “Kami akan menggelar audisi di dua kota, yaitu Jakarta dan Surabaya. Keseluruhan rangkaian programnya juga akan tayang di platform on-air maupun digital sehingga seluruh Indonesia dapat menjadi bagian dari momen bersejarah ini,” kata Program Director Gen 98.7 FM, Andika Januar.

Selain melalui radio dan platform digital Gen 98.7 FM, Generasi Anak Band juga akan tayang eksklusif di NET TV dan Vidio. Sedangkan Musica Studios yang menaungi berbagai band besar seperti Noah, d’Masiv, Geisha dan Stereowall juga akan turut ambil bagian dalam pembekalan sekaligus siap menaungi pemenang dari Generasi Anak Band. Adapun untuk pendaftaran Generasi Anak Band sudah bisa diakses di laman web Gen FM, atau Instagram @generasianakband.official.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement