Senin 07 Aug 2023 11:09 WIB

10 Gejala Umum Demensia Alzheimer

Penting untuk mengetahui gejala Alzheimer sedari awal.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Penderita Alzheimer (lustrasi). Mengetahui gejala-gejala Alzheimer sedari awal sangat penting, supaya penanganan bisa segera dilakukan.
Foto:

7. Menaruh barang tidak pada tempatnya

Lupa di mana meletakkan sesuatu, bahkan kadang curiga ada yang mencuri atau menyembunyikan barang tersebut. Ini menjadi salah satu gejala dari penderita demensia Alzheimer.

photo
Kenali gejala Alzheimer. - (Republika)

8. Salah membuat keputusan

Gejalanya bisa ditunjukkan dengan berpakaian tidak serasi, misalnya memakai kaos kaki kiri berwarna merah, dan kaos kaki kanan berwarna biru. Ia juga tidak dapat memperhitungkan pembayaran dalam bertransaksi dan tidak dapat merawat diri dengan baik.

9. Menarik diri dari pergaulan

Penderita Aalzheimer bisa menunjukkan gejala yang tidak memiliki semangat atau inisiatif untuk melakukan aktivitas dan hobi yang biasa dinikmati. Ia juga tidak terlalu semangat untuk berkumpul dengan teman-temannya.

10. Perubahan perilaku dan kepribadian

Emosi penderita biisa berubah secara drastis, menjadi bingung, curiga, depresi, takut atau tergantung yang berlebihan pada anggota keluarga. Lalu, penderita Alzheimer juga mudah kecewa dan putus asa baik di rumah maupun dalam pekerjaan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement