Rabu 02 Aug 2023 16:00 WIB

Aktif Berolahraga di Usia 74 Tahun, Apa Rahasia Arnold Schwarzenegger?

Proses penuaan juga membawa sejumlah dampak positif bagi Schwarzenegger.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Aktor Arnold Schwarzenegger masih aktif berolahraga di usia 74 tahun.
Foto: EPA
Aktor Arnold Schwarzenegger masih aktif berolahraga di usia 74 tahun.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selain sukses sebagai aktor, Arnold Schwarzenegger juga aktif berkiprah sebagai politikus di Amerika Serikat. Hal ini membuat Schwarzenegger selalu dalam sorotan publik selama lebih dari 50 tahun. Selama itu pula, dia kerap mengundang decak kagum karena masih memiliki fisik yang prima di usia lanjut.

Berolahraga secara rutin merupakan salah satu trik yang membantu Schwarzenegger memiliki tubuh bugar di usia lanjut. Namun, Schwarzenegger tak menampik bila aktivitas olahraga dapat membuat lansia seperti dirinya lebih rentan mengalami cedera.

Baca Juga

Agar bisa berolahraga dengan aman dan terhindar dari risiko cedera, Schwarzenegger kerap memilih jenis olahraga yang sesuai dengan usianya. Selain itu, Schwarzenegger juga mengubah fokus dan tujuannya saat berolahraga.

"Saat ini saya fokus untuk menjaga tubuh agar tidak gemuk dan menghindari cedera," jelas Schwarzenegger, seperti dilansir Men's Health pada Selasa (1/8/2023).

Schwarzenegger menyebut, dia tetap melakukan olahraga setiap hari di usianya yang tak lagi muda. Alasannya, aktivitas olahraga juga dapat membantunya merasa lebih bahagia.

"Saya kecanduan olahraga, dan saya harus memulai hari saya dengan (berolahraga) di gym. Jadi saat ini, meski respons tubuh saya tak seperti 50 tahun lalu, saya tetap bisa mempertahankan (bentuk tubuh) sebanyak yang saya bisa," tutur Schwarzenegger.

Meski tampak bugar, Schwarzenegger tak menampik bahwa proses penuaan turut berdampak pada kondisi fisik dan mentalnya. Secara fisik, Schwarzenegger mengatakan dia harus bisa menerima kenyataan bahwa tubuhnya menua.

"Selalu sulit untuk menerima bahwa Anda tak lagi seperti diri Anda dahulu," jelas Schwarzenegger.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement