Ahad 30 Jul 2023 00:15 WIB

Pemicu Orang Tua Lebih Berisiko Alami Sakit Jantung

Saat bertambah usia, tubuh akan mulai mengalami perubahan termasuk jantung.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Natalia Endah Hapsari
Semakin tua usia Anda maka semakin tinggi juga risiko Anda untuk bisa terserang sakit jantung.  (ilustrasi)
Foto: www.maxpixel.com
Semakin tua usia Anda maka semakin tinggi juga risiko Anda untuk bisa terserang sakit jantung. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Sakit jantung memang bisa menyerang di semua umur, namun semakin tua usia Anda maka semakin tinggi juga risiko Anda untuk bisa terserang sakit jantung. Menurut Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah Eka Hospital Cibubur, dr Markz Roland Mulia Pargomgom Sinurat, SpJP, FIHA, ini semua disebabkan karena pada saat bertambah usia, tubuh Anda akan mulai mengalami perubahan. Apa saja perubahannya?

1. Penumpukan lemak

Di usia tua, penumpukan lemak semakin menebal, lemak yang masuk ke dalam tubuh dari makanan yang Anda konsumsi bisa saja tertimbun pada pembuluh darah Anda. "Hal ini dapat menyebabkan pasokan oksigen yang diterima jantung menjadi semakin sedikit dan dapat menyebabkan penyakit jantung koroner," ujarnya dalam siaran pers yang diterima Republika.co.id, Sabtu (29/7/2023). 

Baca Juga

 

2. Pembuluh darah dan dinding jantung semakin menebal dan mengeras

Semakin menua, pembuluh darah Anda juga akan semakin menebal dan mengeras dari penumpukan lemak dan meningkatkan risiko Anda untuk terkena serangan jantung serta menurunkan volume darah yang dapat ditampung oleh jantung.

 

3. Efektivitas kerja jantung semakin menurun

Efektivitas kerja jantung juga akan mengalami penurunan di saat usia lanjut. Hal ini dikarenakan kondisi jantung yang sudah menjadi lebih tebal atau kaku sehingga mengganggu kerja jantung untuk mengontrol peredaran darah. 

 

4. Gangguan irama jantung atau aritmia

Impuls listrik jantung Anda juga dapat berubah seiring bertambahnya usia Anda. Ini dapat berpotensi menyebabkan aritmia jantung di mana detak jantung Anda menjadi terlalu cepat, terlalu lambat, atau tidak teratur.

 

5. Tubuh semakin sensitif terhadap sodium

Bertambahnya usia seseorang terkadang juga dapat membuat tubuh mereka menjadi lebih rentan terhadap zat sodium yang biasa ditemukan di garam. Jika berlebihan, ini dapat menyebabkan tekanan darah menjadi semakin tinggi dan meningkatkan risiko Anda untuk terkena serangan jantung.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement