Sabtu 29 Jul 2023 15:05 WIB

Atasi Masalah Kulit dengan 3 Cara Sederhana Ini

Ada tiga cara perawatan yang bisa membantu mengurangi masalah kulit.

Penggunaan tabir surya secara teratur dapat membantu mengurangi masalah kulit/ilustrasi
Foto: Picryl
Penggunaan tabir surya secara teratur dapat membantu mengurangi masalah kulit/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Anda mengalami masalah kulit? Sebenarnya ada tiga cara perawatan kulit yang bisa membantu mengurangi masalah tersebut."Biasanya dokter kulit menyarankan tiga pilar skincare baik malam maupun siang hari, yakni cleansing, membersihkan wajah atau kulit suatu hal yang harus dilakukan," kata pakar dermatologi lulusan Universitas Gadjah Mada dr Danar Wicaksono, MSc. SpDV di Jakarta, Jumat (28/7/2023).

Setelah membersihkan, kita bisa lanjutkan dengan melembapkan kulit. Danar mengatakan apa pun jenis kulitnya, tetap butuh pelembap pada kulit yang berminyak sekalipun. Namun, bagi yang kulit berminyak, sebaiknya pilih yang berbasis air. Selanjutnya, lindungi kulit dengan menggunakan tabir surya.    

Baca Juga

Setelah seseorang menerapkan tiga pilar tersebut, Danar menyarankan penggunaan vitamin C pada pagi dan malam hari. Penggunaan vitamin C pada pagi hari dapat membantu mengurangi kerusakan DNA akibat paparan sinar UV. Sementara pada malam hari, vitamin C bisa berperan untuk mengoreksi, menghilangkan noda gelap di kulit. "Vitamin C dipakai terus menerus ternyata ini memiliki kemampuan membuat kulit lebih plumpy, bagus," ujar Danar.    

Danar mengatakan biasanya menerapkan lima langkah perawatan kulit, dimulai pembersihan kulit, kemudian penggunaan dua jenis serum, diikuti pelembap dan tabir surya. "Malam pun lima step. Itu berdasarkan jurnal kedokteran sampai dengan layering lima step biasanya semuanya masih tembus ke kulit," jelas dia.   

Danar menyarankan seseorang mulai merawat kulit sebaiknya berusia awal 20 tahunan agar nantinya terbentuk kebiasaan saat usia 30 tahunan. 

Ini mengingat kebiasaan merawat kulit tidak tercipta dalam satu malam. Dia mengakui pernah menemui pasien yang baru memulai kebiasaan merawat kulit pada usia 30 tahunan. Ini menyulitkan perawatan terutama bila ada masalah noda hitam karena dia belum tentu mau pakai satu tahap perawatan kulit.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement