Jumat 28 Jul 2023 22:13 WIB

Selain Anjing, Hewan Apa Saja yang tidak Boleh Dipelihara Orang Islam?

Umat Islam tidak diperbolehkan memelihara beberapa jenis hewan.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Pecinta reptil memamerkan hewan peliharaannya. Ular termasuk binatang yang tak diperbolehkan untuk dipelihara umat Islam.
Foto:

4. Burung gagak

Dilansir laman Islam Web, banyak ulama yang berpandangan bahwa burung gagak yang dianjurkan untuk dibunuh adalah burung gagak perut putih yang memakan bangkai hewan. Tidak semua jenis burung gagak yang dianjurkan untuk dibunuh, seperti yang memakan tumbuh-tumbuhan dan sejenisnya.

Ini bertentangan dengan Mazhab Maaliki, yang berpandangan bahwa semua jenis burung gagak adalah Fawaasiq.

Sementara itu, memelihara hewan tersebut sebagai hewan peliharaan, maka pada prinsipnya memelihara hewan dan memeliharanya diperbolehkan, kecuali ada dalil yang melarangnya untuk dipelihara, seperti anjing yang dipelihara tanpa keperluan yang sah.

5. Hamster

Dalam Ensiklopedia Arab dan Ensiklopedia Bebas, hamster dikenal dalam bahasa Arab sebagai Qidaad. Di Ensiklopedia ini, mereka memasang gambar yang menunjukkan bahwa hamster sangat mirip dengan tikus.

Ini memperkuat keyakinan bahwa itu adalah salah satu kelompok tikus. Beberapa penulis menyebutkan bahwa ada penelitian yang menunjukkan ada 86 genre tikus, yang mencakup 720 spesies.

Karena hamster termasuk jenis tikus, maka tidak boleh dibeli atau dipelihara sebagai hewan peliharaan umat Islam. Berdasarkan sunnah, tikus dibunuh baik di dalam maupun di luar batas al-Haram (Makkah).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement