Selasa 25 Jul 2023 17:59 WIB

Mau Liburan Bareng Anak ke Tempat Jauh? Ini 5 Hal yang Harus Diperhatikan

Sebelum liburan bersama keluarga, ada baiknya Anda mempersiapkan beberapa hal.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Liburan bersama anak (ilustrasi). Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika hendak berlibur bersama anak.
Foto: Mgrol101
Liburan bersama anak (ilustrasi). Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika hendak berlibur bersama anak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Liburan bersama keluarga merupakan salah satu momen yang ditunggu-tunggu. Utamanya, ketika orang tua sibuk bekerja dan anaknya juga tak kalah sibuk dengan urusan sekolah dan lainnya. Liburan menjadi sarana untuk menyegarkan pikiran.

Sebelum liburan bersama keluarga, ada baiknya Anda mempersiapkan beberapa hal. Pengusaha kuliner sekaligus kreator konten Rius Vernandes membagikan bagaimana cara merencanakan liburan ke luar negeri bersama keluarga yang nyaman, terlebih saat membawa si kecil.

Baca Juga

Berikut tips-nya:

1. Cek promo

Rius mengatakan, liburan merupakan salah satu cara menciptakan momen berharga bersama keluarga. Pada dasarnya, Rius memang hobi cek penawaran atau promo terbaik untuk tiket penerbangan. Jadi ketika ada promo terbaik ke negara tujuan yang memang ingin dikunjungi, pasti langsung dia pesan tanpa pikir panjang. Karena menurut Rius, melalui momen liburan bersama keluarga biasanya ia bisa menikmati waktu berkualitas, merasakan pengalaman baru di tempat yang menyenangkan, dan menciptakan momen berharga untuk dikenang.

Sebagai kreator konten, Rius kerap melakukan review penerbangan untuk kelas business class dan first class. Rius dikenal gemar melakukan traveling sekeluarga dan mendokumentasikannya di channel Youtube-nya.

2. Cari destinasi ramah anak

Semenjak menikah dan mempunyai anak, Rius dan istri lebih memilih destinasi yang ramah anak. Ada pengalaman menarik yang Rius alami ketika travelling ke Copenhagen, Denmark, bersama istri dan anaknya yang baru berumur 1 tahun.

Dia sempat shocked sekaligus amazed terhadap kultur di sana yang sangat ramah anak. Warga Copenhagen begitu percaya diri dan merasa aman meninggalkan anak mereka tertidur di stroler dan ditinggalkan di depan kafe atau restoran.

3. Manfaatkan reward dan miles

Tidak hanya itu, Rius yang memiliki lebih dari 800 ribu subscribers ini juga menjelaskan poin penting lainnya dalam merencanakan traveling yaitu belajar mengenai reward points dan miles.

Rius mengaku sejak video pertama, ia ingin mengedukasi orang-orang tentang untungnya memaksimalkan reward points dan miles. Menurut dia, itu sangat menguntungkan.

"Saya lihat di Indonesia belum banyak yang membahas hal ini, dan saya tahu bahwa kalau ngajarin pakai teori, pasti nggak menarik dan membosankan. Makanya saya buat konten yang berupa pengalaman saya,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima Republika.co.id, Selasa (25/7/2023).

Menurutnya, pos pengeluaran terbesar ketika traveling adalah tiket pesawat dan hotel. Tetapi dengan memanfaatkan reward points dan miles dengan tepat, bisa jadi lebih hemat sehingga uangnya bisa dialokasikan untuk pos lain seperti makan dan belanja.

“Orang lihat saya sering traveling, padahal banyak di antaranya yang berasal dari benefit," ujarnya.

Rius juga bisa upgrade kamar hotel dari yang regular ke suite dengan reward points. Ini penting kalau misalnya kita pergi sama pengasuhnya anak-anak, jadi kita tidak perlu nambah kamar hotel karena kamarnya sudah otomatis lebih besar. Benefit premium seperti yang disebutkan Rius tadi umum diberikan oleh bank melalui segmen nasabah prioritas yang biasanya disertai kartu kredit yang juga memiliki fitur dan benefit premium seperti Danamon Privilege.

4. Buat itinerary liburan

Agar kondisi selalu prima selama liburan, orang tua juga perlu menyiapkan itinerary liburan yang tepat, tak lupa juga memperhatikan waktu istirahat yang cukup serta waktu makan bagi si kecil.

5. Persiapkan barang bawaan

Lebih lanjut, barang-barang penting yang perlu dibawa ketika traveling dengan si kecil, jadi hal yang tak boleh dilewatkan. Misalnya pakaian, makanan, mainan anak, obat-obatan dan lainnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement