Senin 24 Jul 2023 07:19 WIB

Musisi Dunia Pendukung LGBT, tak Cuma The 1975

The 1975 melakukan ciuman gay saat tampil di Good Vibes Festival, Malaysia.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
Band asal Inggris The 1975. Band ini membuat onar di Malaysia dengan melakukan aksi ciuman gay sebagai dukungannya untuk LGBT.
Foto: EPA
Band asal Inggris The 1975. Band ini membuat onar di Malaysia dengan melakukan aksi ciuman gay sebagai dukungannya untuk LGBT.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perilaku tidak beradab ditunjukkan band pendukung komunitas LGBT, The 1975, saat tampil di negara Malaysia yang mayoritas penduduknya beragama Islam. Aksi menjijikkan itu membuat Instagram band asal Inggris itu diserang hujatan habis-habisan oleh warganet.

Selain mengatakan rasa tidak senangnya diundang ke negara yang berbeda pandangan dengannya, sang vokalis, Matty Healy, mencaci pemerintah Malaysia dengan sebutan bodoh. Dia bahkan meludahi panggung, seolah meludahi kepercayaan negara Malaysia, serta mencium basisnya yang merupakan sesama jenis di atas panggung.

Baca Juga

Sembari memegang sebotol minuman keras, seolah ia telah merencanakan semua yang ia lakukan di atas panggung. Band tersebut terkenal kerap melakukan hal-hal tak senonoh dengan sesama jenis kala manggung, bahkan Noel Gallagher pun pernah membuat pernyataan kebenciannya terhadap The 1975.

Tak hanya The 1975, beberapa musisi dunia juga menyuarakan dukungan terhadap LGBT. Siapa saja mereka?

1. Coldplay

photo
Vokalis Coldplay, Chris Martin. - (Mads Claus Rasmussen/Ritzau Scanpix via AP)

 

Saat diumumkan Coldplay akan menggelar konser di Indonesia, sempat ada penolakan dari PA 212 lantaran band ini dianggap mendukung komunitas LGBT, yang tentunya bertentangan dengan ajaran agama mayoritas di Indonesia. Ini terbukti dalam beberapa konsernya, Coldplay kerap mengibarkan pride flag atau bendera berwarna pelangi di atas panggung. Meski begitu, banyak yang menyakini Coldplay tidak akan menampakkan dukungannya terhadap LGBT di Indonesia dan menghormati agama serta kultur di negara ini saat konser pada 15 November 2023.

2. Zayn Malik

photo
Penyanyi Zayn Malik. - (EPA)

 

Meski beragama Islam, Zayn Malik menjadi salah satu musisi dunia yang memandang komunitas LGBT layaknya sesama manusia yang harus dihargai juga. Meski tidak secara tegas mengatakan dukungan terhadap komunitas LGBT, dia pernah bercerita tentang fans-nya yang LGBT.

Selain itu, Zayn yang lahir di Inggris, tetapi memiliki darah Pakistan, juga mengenakan beberapa koleksi pakaian hingga aksesori yang melambangkan gender-neutral dan polysexual. Meskipun demikian, Zayn juga tidak pernah mengatakan hal tak pantas pada orang-orang yang berseberangan pandangan dengannya terkait LGBT.

3. Harry Styles

photo
Penyanyi Harry Styles. - (AP Photo/Jae C Hong)

 

Sudah menjadi rahasia umum bahwa Harry Styles yang merupakan musisi asal Inggris, mendukung komunitas LGBT bahkan kerap dikabarkan menjalin hubungan dengan sesama jenis. Tidak hanya membawa pride flag ke panggung saat konsernya, Harry juga pernah viral ketika mencium Lewis Capaldi dalam BRIT Awards 2023.

Namun, aksinya itu dikritik oleh warga Inggris sendiri yang merasa jengah. Mereka menyebut Harry hanyalah queerbaiting, perilaku yang menyiratkan non-heteroseksual untuk menarik penonton LGBT padahal mereka belum tentu penyuka sesama jenis.

4. Sam Smith

photo
Penyanyi Sam Smith - (EPA)

 

Musisi asal Inggris ini, sudah sejak lama mengaku bahwa dirinya sebagai penyuka sesama jenis. Penampilannya pun semakin hari semakin berani menunjukkan identitasnya, tak pelak menimbulkan kontroversi di kalangan masyarakat Inggris sendiri yang lebih banyak mengkritik keras Sam Smith.

Sejak penampilannya yang kian vulgar, Sam Smith hampir tidak pernah manggung di negara-negara mayoritas Islam. Sam Smith juga sering kali mengunggah oknum akun yang disebutnya sebagai homofobia.

5. Elton John

photo
Elton John. - (EPA-EFE/ADAM VAUGHAN)

 

Elton John merupakan salah satu musisi berkebangsaan Inggris paling sukses sepanjang masa, tapi ia juga disebut sebagai ikon gay. Elton memiliki yayasan untuk mendukung komunitas LGBT yang masih tertindas akibat orientasi seksual mereka. Namun, Elton tak pernah mengeluarkan pernyataan yang menyudutkan orang-orang yang tidak sepaham dengannya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement