Selasa 11 Jul 2023 13:09 WIB

Tak Hanya di Barat, Konten LGBT Juga Ada di Film Indonesia Bahkan Sejak Tahun 80-an

Kabar pertemuan LGBT se-ASEAN di Jakarta pada 17 hingga 21 Juli membuat publik gempar

Rep: Mgrol146/ Red: Qommarria Rostanti
Salah satu adegan di film Arisan.
Foto: Kalyana Shira Films
Salah satu adegan di film Arisan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kabar soal adanya pertemuan LGBT se-ASEAN membuat publik geger. Pasalnya dikabarkan pertemuan tersebut akan digelar di Jakarta pada 17 hingga 21 Juli 2023. 

Saat ini, kampanye mengenai perilaku LGBT dilakukan secara masif baik secara terang-terangan maupun secara "halus", salah satunya lewat film. Tak hanya di barat, konten bermuatan LGBT juga ada di Indonesia, bahkan ada yang tayang sejak 1980-an. 

Baca Juga

Film apa saja itu? Berikut daftarnya: 

1. Lovely Man

 

photo
Salah satu adegan di film Lovely Man. - (Karuna Pictures)

 

Film yang dirilis pada 2011 ini bercerita tentang Syaiful (diperankan Dony Damara). Dia adalah seorang ayah yang mencari uang menjadi seorang waria di ibu kota. Di pertengahan cerita, diperlihatkan cara kerja waria tersebut dengan cara memuaskan pelanggan khususnya pria. Di akhir cerita juga diperlihatkan sekelompok pria yang mencabuli waria tersebut secara paksa.

2. Istana Kecantikan

photo
Salah satu adegan di film Istana Kecantikan. - (Tobali Indah Film)

 

Film lawas yang dirilis pada 1988 ini berkisah tentang percintaan dua insan. Sang wanita bernama Siska (Nurul Arifin) hamil di luar nikah dengan Sumitro (August Melasz). Sang kekasih tak mau bertanggung jawab. 

Siska justru mencari pria pengganti untuk menggantikan perannya sebagai ayah. Akhirnya pria tersebut, Niko (Mathias Muchus), menikah dengan Siska. Setelah menikah, Siska baru mengetahu bahwa Niko ternyata merupakan gay.

3. Pria

photo
Salah satu adegan di film Pria. - (IndieFlip)

 

Film yang dirilis pada 2017 ini mengangkat kisah tentang seorang pemuda bernama Aris (Chicco Kurniawan) yang tinggal di pedesaan yang merupakan gay. Dia menyukai guru bulenya. Saat mengetahui hal itu, keluarga sang pria menganggap itu sebagai aib. Tidak lama dari itu, keluarganya menjodohkan pemuda tersebut dengan gadis desa.

4. Berbagi Suami

photo
Salah satu adegan di film Berbagi Suami. - (Kalyana Shira Films)

 

Salah satu kisah dari film ini bercerita tentang Pak Lik (Lukman Sardi) yang memiliki tiga istri yakni Sri (Ria Irawan), Dwi (Rieke Dyah Pitaloka), dan Siti (Shanty). Siti dan Dwi menjalani hubungan lesbian. Keduanya ingin keluar dari rumah tersebut dengan membawa dua anak.

Siti yang belum sempat hamil, mengantar Sri ke dokter kandungan yang memberitakan bahwa Sri terkena gonorhea akibat suaminya. Hal itu membuat Siti dan Dwi semakin yakin untuk kabur. Beberapa hari setelah Pak Lik pulang dari Aceh, dia membawa seorang istri baru bernama Santi. Namun Dwi dan Siti sudah pergi.

5. Arisan

photo
Salah satu adegan di film Arisan. - (Kalyana Shira Films)

 

Film yang berceritakan seorang laki laki yang mengetahui bahwa dirinya ternyata seorang gay bernama Sakti (Tora Sudiro)Dia ditawari bisnis oleh seorang sutradara bernama Nino (Surya Saputra). Akhirnya mereka menjalin hubungan terlarang.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement