Selasa 16 Jan 2024 13:00 WIB

Bepergian Bawa Koper Airwheel? Cek Dulu Aturan Maskapai

Mengapa koper airwheel dilarang masuk kabin pesawat?

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Seorang pelancong menyeret kopernya di bandara. Koper skuter belakangan populer di kalangan pelancong.
Foto: AP/Andy Wong
Seorang pelancong menyeret kopernya di bandara. Koper skuter belakangan populer di kalangan pelancong.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak pelancong memilih bepergian membawa koper skuter atau yang biasa disebut koper airwheel. Pasalnya, koper itu memudahkan pengguna dengan fitur uniknya.

Airwheel memiliki roda serta pegangan yang dapat digunakan seperti skuter atau sepeda. Tentunya, menunggangi koper tersebut sangat memanjakan pelancong yang ingin menghemat tenaga ketika dihadapkan dengan area bandara yang luas.

Akan tetapi, jika ingin bepergian dengan pesawat terbang, ada baiknya mengecek peraturan maskapai terlebih dahulu. Sebab, ada sejumlah maskapai yang tidak memperbolehkan penumpang membawa koper airwheel ke kabin pesawat, sehingga harus diletakkan di bagasi.

Hal itu juga menjadi sorotan warganet. Salah satunya, pengguna media sosial X (dulunya Twitter), @muthiastp. "Angkasa Pura dan Citilink udah ga bolehin lagi koper Airwheel yang bisa jalan itu masuk ke kabin. Jadi harus ditaro bagasi. Yaaah pada ga bisa lagi dong naik koper ke gate," ujarnya.

Melalui situs resmi maskapai, Garuda Indonesia pun telah menginformasikan sejumlah benda yang dilarang dibawa penumpang ke dalam kabin pesawat. Sejumlah barang itu tak boleh dibawa untuk alasan keselamatan dan keamanan penumpang.

"Kendaraan kecil yang menggunakan baterai litium seperti airwheel, solowheel, hoverboard, mini-segway, balance wheel, dan lain-lain tidak diperbolehkan dibawa dalam kabin pesawat semua penerbangan Garuda Indonesia, baik sebagai bagasi kabin maupun bagasi terdaftar," demikian informasi di situs tersebut.

Mengapa airwheel termasuk benda yang tidak boleh dibawa? Terlepas dari berbagai fitur canggih koper pintar seperti port pengisian daya USB, kunci pintar, kemampuan pelacakan GPS, konektivitas Wi-Fi, dan beragam kelebihan yang bervariasi di antara satu koper dan koper lainnya, maskapai penerbangan punya alasan di balik kebijakan pelarangan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement