Kamis 20 Jul 2023 16:44 WIB

Oppenheimer, Salah Satu Kisah Hebat yang Pernah Ada’

Suka atau tidak, J Robert Oppenheimer adalah orang paling penting yang pernah hidup.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Qommarria Rostanti
Salah satu adegan dalam film Oppenheimer.
Foto: Dok Universal Pictures
Salah satu adegan dalam film Oppenheimer.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Sutradara Christopher Nolan kembali merilis karya terbarunya berjudul Oppenheimer yang mulai tayang di bioskop Indonesia pada Rabu (19/7/2023). Oppenheimer menceritakan kisah dari tokoh bapak bom atom J Robert Oppenheimer yang memimpin Proyek Manhattan.

Film tersebut terinspirasi dari buku pemenang Hadiah Pulitzer American Prometheus oleh Kai Bird dan Martin J Sherwin. “Suka atau tidak, J Robert Oppenheimer adalah orang paling penting yang pernah hidup. Dia membuat dunia yang kita tinggali ini menjadi lebih baik atau lebih buruk. Kisahnya harus dilihat dulu baru dipercaya,” kata Nolan dalam catatan produksi film yang diterima Republika.co.id, Rabu (19/7/2023).

Baca Juga

Asal usul keinginan Nolan untuk membuat Oppenheimer terletak pada ketakutan yang mengganggu para ilmuwan Proyek Manhattan saat mereka membuat bom nuklir. Ketakutan itu disebut Oppenheimer sebagai kemungkinan yang mengerikan.

Menjelang uji coba Trinity, Oppenheimer dan timnya berurusan dengan kemungkinan yang sangat kecil bahwa ketika mereka menekan tombol, bom akan membakar atmosfer dan menghancurkan seluruh planet. Nolan menjelaskan sebenarnya tidak ada dasar matematis atau teoretis di mana mereka dapat sepenuhnya mengesampingkan kemungkinan itu betapapun kecil peluangnya. Namun, mereka tetap menekan tombol itu dan terjadilah momen luar biasa dalam sejarah manusia.

“Saya ingin membawa penonton berada di momen itu, saat tombol ditekan. Itu adalah momen yang luar biasa jika Anda membayangkan,” ujar dia.

Selama fase penulisan skenario, American Prometheus memberi Nolan banyak wawasan. Yang paling menarik baginya adalah potret Oppenheimer tidak hanya sebagai sosok penting dalam sejarah tetapi juga mengeksplorasi psikologinya dan menginterogasi konsekuensi dari tindakannya.

“Kisah Oppenheimer adalah salah satu kisah hebat yang pernah ada. Ini penuh dengan paradoks dan dilema etika. Itulah jenis materi yang selalu membuat saya tertarik. Kami mencoba menggali ke dalam jiwa Oppenheimer dan mengajak penonton melewati perjalanan emosionalnya,” ucap dia.

Nolan menulis skenario selama musim panas 2021. Skenarionya langsung disorot oleh Universal Pictures dan menjadi kolaborasi pertama dengan Nolan. Oppenheimer dibintangi deretan aktor ternama, seperti Cillian Murphy, Robert Downey Jr, Florence Pugh, Emily Blunt, Matt Damon, Jack Quaid, Devon Bostick, dan lainnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement