Jumat 14 Jul 2023 18:22 WIB

Tom Cruise tak Pakai Teknologi 'Antipenuaan' di Mission: Impossible, Penonton Lega

Semula, teknologi akan dipakai agar wajah Tom Cruise terlihat 34 tahun lebih muda.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Qommarria Rostanti
Aktor Tom Cruise saat promosi film Mission: Impossible-Dead Reckoning Part 1. Dalam film ini Cruise tak memakai teknologi de-aging
Foto: EPA-EFE/BIANCA DE MARCHI
Aktor Tom Cruise saat promosi film Mission: Impossible-Dead Reckoning Part 1. Dalam film ini Cruise tak memakai teknologi de-aging

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Film Mission: Impossible-Dead Reckoning Part 1 awalnya akan dibuka dengan adegan flashback yang menampilkan karakter Ethan Hunt dari era 1989. Untuk membuat adegan ini, tim produksi berencana menggunakan teknologi de-aging pada wajah Tom Cruise agar sang aktor tampak 34 tahun lebih muda. Akan tetapi, rencana ini akhirnya diurungkan.

Para penggemar dan kritikus justru merasa lega karena Mission: Impossible-Dead Reckoning Part 1 tak menggunakan teknologi de-aging pada Cruise. Alasannya, teknologi ini dinilai masih memiliki sejumlah kekurangan.

Baca Juga

Film Indiana Jones and the Dial of Destiny misalnya, sempat menerima kritik karena menggunakan teknologi de-aging pada adegan pembuka film. Teknologi de-aging digunakan pada Harrison Ford karena dalam adegan pembuka tersebut sang aktor harus memerankan karakter Indiana Jones muda.

Akan tetapi, teknologi de-aging belum berhasil memberikan efek muda yang terlihat alami. Selain itu, meski karakter Indiana Jones terlihat muda, suaranya masih terdengar seperti suara pria berumur. Oleh karena itu, penggunaan teknologi de-aging dalam film tersebut menuai kritik.

Menurut para penggemar, Cruise tak membutuhkan teknologi de-aging dalam film Mission: Impossible-Dead Reckoning. Karena meski sudah berusia lebih dari 60 tahun, Cruise masih mampu menghadirkan aksi laga yang sama primanya seperti saat dia berusia lebih muda.

Meski tak menggunakannya pada Cruise, teknologi de-aging sebenarnya tetap digunakan dalam film Mission: Impossible-Dead Reckoning. Akan tetapi, teknologi tersebut digunakan pada aktor Esai Morales yang berperan sebagai Gabriel.

Untungnya, adegan yang menggunakan teknologi de-aging muncul dalam durasi yang sangat singkat dan tidak berkepanjangan. Seperti dilansir Collider pada Jumat (14/7/2023), durasi yang singkat membuat penonton tidak begitu terganggu dengan efek aneh dan tak alami yang dihasilkan teknologi de-aging.

Penggunaan teknologi de-aging pada karakter Gabriel yang diperankan Morales tak bisa dihindari karena ada adegan flashback penting yang harus ditampilkan dalam film. Adegan flashback ini berperan besar dalam memberikan pemahaman kepada penonton mengenai alasan yang membuat Hunt merasa sangat takut dan khawatir terhadap ancaman Gabriel.

Film Mission: Impossible-Dead Reckoning Part 1 telah dirilis di bioskop pada 8 Juli 2023. Film ini dibintangi oleh Cruise, Hayley Atwell, Vanessa Kirby, hingga Pom Klementieff.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement