Sabtu 14 Sep 2024 11:36 WIB

Film tentang Mata-Mata Terbaik yang Dinilai Hampir Sempurna

Film mata-mata ini dinilai punya plot menegangkan dan aksi para pemain yang memukau.

Salah satu adegan di film Mission: Impossible-Rogue Nation. Ada beberapa film bertema mata-mata yang dianggap nyaris sempurna.
Foto: Dok. Paramount Pictures
Salah satu adegan di film Mission: Impossible-Rogue Nation. Ada beberapa film bertema mata-mata yang dianggap nyaris sempurna.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dunia perfilman selalu menyajikan beragam genre yang menarik untuk disaksikan. Salah satu genre yang tak pernah lekang oleh waktu adalah film aksi mata-mata. Dengan plot yang menegangkan, aksi memukau, dan misteri yang menggelitik, film mata-mata berhasil memikat hati penonton dari berbagai kalangan.

Dari aksi menegangkan di lapangan hingga intrik politik yang rumit, film mata-mata menawarkan pengalaman menonton yang tak terlupakan. Selama bertahun-tahun, genre ini telah berevolusi dan menemukan kembali dirinya sendiri dalam berbagai kesempatan dan dengan berbagai cara, menemukan taktik baru dan menarik untuk menghibur penonton dengan narasi yang penuh misteri.

Baca Juga

Berikut ini beberapa film mata-mata yang dinilai nyaris sempurna dilansir laman Collider pada Sabtu (14/9/2024).

1. Charade (1963)

photo
Salah satu adegan di film Charade. - (Dok. Universal Studios.)

 

Charade dianggap sebagai "ratu" di antara film komedi romantis menegangkan. Dibintangi oleh Audrey Hepburn dan Cary Grant yang legendaris, film ini memperlihatkan romansa dan ketegangan yang berkembang di Paris saat seorang wanita dikejar oleh beberapa pria yang menginginkan harta yang dicuri oleh suaminya yang terbunuh. Charade adalah salah satu film yang membuat penonton sama skeptisnya tentang siapa yang harus dipercaya seperti karakter utamanya, dan hasilnya sama lucunya dengan menegangkan.

Charade dianggap karya menyenangkan bagi orang-orang yang menyukai film mata-mata, dengan duo yang menarik sebagai pemeran utama dan salah satu naskah paling menghibur pada 1960-an. Lucu, menawan, dan benar-benar tak terlupakan, film ini adalah film mata-mata yang paling mendekati kesempurnaan tanpa benar-benar mencapainya.

2. Mission: Impossible — Rogue Nation (2015)

photo
Salah satu adegan di film Mission: Impossible-Rogue Nation. - (Dok. Paramount Pictures)

 

Meskipun film keenam yang luar biasa dalam seri Mission: Impossible, Fallout, adalah salah satu dari sedikit film mata-mata yang benar-benar sempurna, pendahulunya, Rogue Nation, tidak jauh di belakang. Di dalamnya, Ethan dan timnya menjalankan misi mereka yang paling mustahil hingga saat itu. Diancam oleh organisasi jahat internasional yang sangat terampil seperti mereka dan berkomitmen untuk menghancurkan IMF, mereka harus membasmi mereka sebelum waktu mereka habis.

Alur ceritanya terasa agak terlalu familier dan ceritanya agak terlalu mudah ditebak, tetapi ini hanya hal-hal kecil yang bisa "dimaafkan" dalam film aksi yang luar biasa. Tom Cruise tampil spektakuler seperti Ethan, dan pemeran lainnya, baik yang lama maupun baru. Terutama Rebecca Ferguson yang memukau sebagai Ilsa Faust yang tangguh. Aksinya mencengangkan, para antagonisnya mengancam.

3. Skyfall (2012)

photo
Salah satu adegan di film Skyfall. (EMPIRE ONLINE)

 

Tanpa diragukan lagi, peran Daniel Craig sebagai 007 adalah salah satu yang terbaik dari semua aktor yang pernah memerankan karakter tersebut sebelumnya. Orang yang berbeda pasti memiliki film favorit yang berbeda dari masa jabatannya, tetapi ada satu judul yang biasanya disebut sebagai salah satu, jika bukan yang terbaik: Skyfall.

Di dalamnya, kesetiaan Bond kepada M diuji ketika masa lalunya kembali menghantuinya. Agen 007 harus melacak dan melenyapkan ancaman yang membahayakan MI6, berapa pun biayanya.

Skyfall memang menegangkan, misterius, dan sangat menyenangkan, tetapi yang membuatnya begitu berbeda dari film-film lain dalam waralaba ini adalah penulisan karakter dan melodrama yang sangat berlapis dan memikat secara emosional. Ada sedikit ketidakseimbangan antara kekonyolan dan keseriusan, serta durasi yang agak terlalu lama yang membuat film ini tidak menjadi film Bond terbaik, tetapi film ini pasti mendekati film terbaik.

Nomor 4...lanjutkan membaca>>

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement