Jumat 14 Jul 2023 09:04 WIB

Batman & Robin Disebut Film Batman Terburuk, Ini 5 Alasannya

Film Batman & Robin mendapat kritikan dari banyak aspek.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Salah satu adegan di film Batman & Robin. Film ini sering disebut sebagai film Batman terburuk sepanjang masa.
Foto: DC/Warner Bros
Salah satu adegan di film Batman & Robin. Film ini sering disebut sebagai film Batman terburuk sepanjang masa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dirilis pada 1997, film live-action Batman berjudul Batman & Robin sering disebut sebagai film Batman terburuk sepanjang masa. Film yang disutradarai oleh Joel Schumache muncul di daftar film terburuk dan tidak dianggap tinggi oleh legiun penggemar Batman.

Mengapa hal itu terjadi? Dilansir laman I'll Get Drive Thru, Rabu (12/11/2023), ada beberapa alasan utama mengapa film tersebut dianggap gagal pada tahun 1997:

Baca Juga

1. Tidak memenuhi harapan

Batman & Robin adalah entri keempat (dan terakhir) dalam Batman Anthology. Batman & Robin sama sekali bukan film kelam. Itu adalah film buku komik yang cerah dan hidup yang lebih menyukai warna daripada bayangan, kesenangan daripada merenung, sesuatu yang sangat berbeda dari apa yang telah terjadi sebelumnya.

Penonton masuk ke Batman & Robin dengan ekspektasi tertentu berdasarkan apa yang telah terjadi sebelumnya. Namun harapan itu tidak terpenuhi dan itu adalah awal dari ketidaksukaan instan terhadap materi tersebut.

2. Dark Knight menjadi terlalu terang

Salah satu kritik terbesar terhadap Batman & Robin adalah filmnya terlalu terang dan pada dasarnya adalah pandangan modern tentang Batman era 1960-an. Superhero yang lebih cerah ini juga tampak terlalu periang bagi Batman.

Alih-alih memikul beban Gotham di pundaknya, dia tampak lebih riang, hampir tidak menyebutkan tragedi yang telah membentuk hidupnya. Batman juga memiliki alat canggih untuk setiap kesempatan, dari sepatu seluncur es yang keluar dari sepatu botnya dengan sekali klik, hingga laser yang dapat mencairkan es dalam sekejap. Dia juga membawa kartu kredit Bat, yang dia akui secara terbuka bahwa dia tidak akan pernah meninggalkan rumah tanpanya.

3. Puting Batman

Kritik terbesar Batman & Robin adalah kostumnya, khususnya yang dikenakan oleh Dynamic Duo itu. Secara khusus, penonton memberikan komentar tentang 'Bat-nipples' yang muncul di setelan yang dikenakan oleh Batman dan Robin.

Nipples on Batsuits bukanlah hal baru, mereka muncul sebentar di film Batman Forever, tetapi di sana sebagian besar tidak diperhatikan. Putingnya jauh lebih menonjol di Batman & Robin. Penggemar Batman tidak senang tentang itu, menyebut mereka berlebihan dan konyol.

4. Dialog

Dalam Batman & Robin, aktor Arnold Schwarzenegger berperan sebagai penjahat Batman, Tuan Freeze. Selama pembuatan film, Schwarzenegger ditugaskan untuk menyampaikan bagian dialognya yang adil, dan sebagian besar melibatkan serangkaian permainan kata-kata yang berhubungan dengan es dan satu kalimat.

Sementara Schwarzenegger dikenal dengan one-liners-nya, karakter Mr Freeze tidak. Faktanya, pada saat film dirilis, Mr. Freeze adalah penjahat yang sangat populer di televisi melalui Batman: The Animated Series, dan dianggap sebagai salah satu karakter tulisan terbaik dari keseluruhan pertunjukan.

Penggemar tidak peduli dengan Freeze versi Schwarzenegger dan mereka pasti tidak peduli dengan arah yang diambil karakternya untuk petualangan layar lebar ini. Permainan kata-kata itu terlalu sering dilakukan dan membuat penggemar merasa kedinginan.

5. Cerita

Batman & Robin dianggap sebagai bencana ketika tiba di bioskop karena ceritanya terlalu sederhana. Alih-alih menawarkan narasi yang rumit atau berwawasan, film tersebut malah memfokuskan sebagian besar upayanya pada keretakan antara Dynamic Duo.

Penonton ingin melihat kisah tragis Mr Freeze, sebuah adaptasi dari Knightfall atau mengambil Poison Ivy, mereka tidak ingin melihat pertengkaran Batman dan Robin. Mereka juga tidak ingin menghabiskan waktu untuk perkenalan di menit-menit terakhir ke Batgirl.

Plotnya tidak cocok dengan penonton dan ketukan cerita tertentu terasa terlalu mirip dengan apa yang terlihat di Batman Forever. Hasilnya adalah acungan jempol dari para kritikus dan ketidaktertarikan umum dari penonton.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement